Indonesia Diwakili Tiga Klub di AFC Champions League 2023/2024

Indonesia Diwakili Tiga Klub di AFC Champions Leageu 2023/2024
Indonesia Diwakili Tiga Klub di AFC Champions Leageu 2023/2024 (Foto : Istimewa)

AntvIndonesia mendapatkan tempat (slot) bagi tiga tim untuk berlaga di kompetisi klub tingkat Asia atau AFC Champions League 2023/2024. Ketiga slot tersebut adalah play-off Liga Champions, babak penyisihan grup AFC Cup dan play-off AFC Cup.

“PSSI sudah bersurat ke AFC terkait nominasi dan kriteria dari wakil Indonesia yang berhak tampil di AFC Champions Leaue. Ketiga slot tersebut sudah diinformasikan AFC,” kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus dalam keterangan tertulis, Selasa (11/4/2023).

Ferry melanjutkan, slot di play-off babak Liga Champions akan diwakilkan Bali United FC, pemenang play-off juara Liga 1 2021/2022. Bali United akan melawan juara kompetisi Liga 1 2022/2023, PSM Makassar.

Tim yang kalah dari babak play-off antara Bali United vs PSM, akan berhak tampil di babak penyisihan grup AFC Cup. “Tim yang kalah dari play off, statusnya langsung hadir di AFC Cup pada babak penyisihan grup,” ujarnya.

Khusus untuk slot ketiga, wakili Indonesia di babak play off AFC Cup akan diikuti oleh klub peringkat kedua (runner-up) Liga 1 2022/2023. “Tidak ada lagi play-off untuk slot yang ketiga, PSSI sudah menentukannya secara langsung,” ucapnya.

Terkait penetapan kriteria wakil pada tiap negara di kuota slot yang ditentukan, AFC telah memberikan kebebasan penuh kepada federasi yang bersangkutan. Hal itu berdasarkan Entry Manual For AFC Club Competitions.

Sekadar informasi, Thailand pun melakukan hal yang sama. Untuk kuota klub-klub di kompetisi Asia musim 2023/2024, mereka juga melakukan pertandingan play-off di internalnya.

“Jadi, dalam hal ini, apa yang sudah ditentukan PSSI ini sudah diketahui oleh AFC. Mereka tinggal menunggu hasil akhirnya nanti,” tandasnya.