Hasil Liga Inggris: Arsenal Pesta Gol Atas Leeds United dengan Skor 4-1

Arsenal Pesta Gol Atas Leeds United dengan Skor 4-1
Arsenal Pesta Gol Atas Leeds United dengan Skor 4-1 (Foto : Twitter)

Antv – The Gunners Arsenal berhasil pesta gol saat membantai Leeds United dengan skor telak 4-1 dalam pertandingan putaran ke-29 Premier League atau Liga Inggris, Sabtu malam (1/4/2023) WIB.

Dengan hasil itu, Arsenal berhasil mempertahankan jarak delapan poin dengan Manchester City yang juga sebelumnya menang 4-1 atas Liverpool.

Pada laga Arsenal vs Leeds United, Arteta secara mengejutkan mengistirahatkan penyerang utama mereka Bukayo Saka dan menurunkan Gabriel Jesus sebagai starter di laga tersebut.

Atas keputusan janggal itu, Arteta pun memberikan alasan bahwa kondisi kesehatan Bukayo Saka agak sedikit mengalami gangguan.

"Dia (Saka) tidak bisa berlatih kemarin karena kurang sehat tapi hari ini dia merasa sedikit lebih baik sehingga kami menurunkan Gaby," kata Arteta sebelum laga.

"Gaby mampu memberikan banyak energi, kualitas, dan pergerakan dan kekacauan. Dia pemain yang kami rindukan dan menyenangkan bisa mendapatkannya kembali." tambah Arteta

Gabriel yang tampil sebagai starter untuk pertama kalinya sejak November 2022 pun membayar kepercayaan sang pelatih lewat golnya dari titik penalti.

Penyerang Brasil itu maju sebagai eksekutor pada menit ke-35 setelah dirinya dijatuhkan bek Leeds Luke Ayling di area penalti, dan membuka keunggulan Arsenal.

Gol tersebut menjadi satu-satunya di babak pertama meski tuan rumah melepaskan enam tembakan, 3 di antaranya diblok dua 2 kali mengarah ke gawang.

Dua menit setelah turun minum, Ben White menambah keunggulan Arsenal setelah menerima umpan silang dari Aleksandr Zinchenko.

Arsenal kembali merobek gawang Leeds pada menit ke-55 lewat kerja sama apik Trossard dan Gabriel Jesus, sehingga sang penyerang Brasil mencetak gol keduanya hari itu.

Lima belas menit sebelum waktu normal berakhir, Rasmus Kristensen memperkecil ketinggalan. Bek Leeds United itu melepaskan tembakan dan sempat mengenai tubuh Zinchenko sebelum meluncur ke pojok atas kiri gawang.

Arsenal membalas gol tersebut pada menit ke-84, usai umpan silang Martin Odegaard disambar sempurna oleh tandukan Granit Xhaka di tengah area penalti.

Kemenangan 4-1 atas Leeds United menjaga jarak Arsenal dengan Man City, tetap di angka 8 meski rival terdekatnya di klasemen itu masih punya satu laga lebih banyak.

Susunan Pemain;
Arsenal: Aaron Ramsdale; Ben White, Rob Holding, Gabriel Magalhaes, Oleksandr Zinchenko (Kieran Tierney, 86'); Martin Odegaaard (Emile Smith-Rowe, 85'), Thomas Partey (Jorginho, 60'), Granit Xhaka (Fabio Viera, 86'); Leandro Trossard, Gabriel Jesus (Bukayo Saka, 60'), Gabriel Martinelli

Leeds United: Lllian Meslier; Luke Ayling, Robin Koch (Liam Cooper, 74'), Pascal Struijk, Junior Firpo; Jack Harrison (Patrick Bamford, 85'), Marc Rocca, Rasmus Kristensen; Luis Snisterra (Rodrigo, 65'), Brenden Aaronson (Weston McKennie, 65'), Crysendo Summerville (Georginio Rutter, 74')