Elkan Baggott dan Pratama Arhan Masuk Skuad Timnas Indonesia di SEA Games 2023

Elkan Baggott dan Pratama Arhan Masuk Skuad SEA Games 2023
Elkan Baggott dan Pratama Arhan Masuk Skuad SEA Games 2023 (Foto : Twitter)

Antv – Pemain belakang Elkan Baggott dan Pratama Arhan didaftarkan ke skuad Timnas U-22 yang dibawa untuk SEA Games 2023, sedangkan Bagus Kahfi harus dicoret Indra Sjafri dari skuad.

“Saya pikir dia (Bagus) lebih penting di klub sana dulu daripada ke SEA Games. Jadi dia tidak didaftarkan, tapi Elkan (Baggott) dan (Pratama) Arhan, saya daftarkan,” kata Indra Sjafri, Sabtu (1/4/2023).

“Saya sudah daftarkan 50 pemain karena kemarin kita berdiskusi dengan klub Bagus (Kahfi). Dia lagi diberikan kesempatan oleh klubnya,” ucapnya menambahkan.

Kini, pelatih berusia 60 tahun itu memiliki tugas besar untuk membujuk klub Arhan, Tokyo Verdy. Dan klub Elkan, Cheltenham Town untuk melepas, sebab SEA Games 2023 bukan agenda FIFA.

Saat ini, Indra Sjafri tengah menyiapkan pemain timnas U-22 Indonesia. Mereka akan diproyeksikan tampil di SEA Games 2023 pada 5-17 Maret mendatang.

Indra Sjafri membeberkan kriteria pemain yang diinginkannya. Dia ingin Timnas Indonesia U-22 asuhannya dihuni pemain serba bisa.

“Ya ini bagus pertanyaannya, jadi memang kalau SEA Games itu hanya 20 pemain. Yang pasti harus ada pemain yang bisa bermain di lebih dari satu posisi.”

“Ini yang kita akan lihat dari hari ini sampai 26 April nanti. Siapa yang paling pas kita bawa,” katanya mengakhiri.

Pada edisi sebelumnya, sepak bola SEA Games dimainkan tim U-23. Kini, negara yang ambil bagian harus memainkan tim U-22 dengan minimal kelahiran 1 Januari 2001.

Indra Sjafri memastikan akan memanggil pemain terbaik kelahiran 2001 hingga 2023 ke Timnas Indonesia U-22. Ia juga akan memanggil para pemain dari timnas senior yang usianya masih masuk dalam kriteria.

Selain itu, Indra Sjafri juga akan melibatkan banyak alumnus timnas U-20 pada 2020 yang batal bermain di Piala Dunia U-20. Nama-nama seperti Muhammad Ferrari, Rizky Ridho hingga Ramadhan Sananta diharapkan bisa bergabung Timnas U-22.