Resmi Dibubarkan, Presiden Jokowi Minta Pemain Timnas U-20 Tidak Patah Semangat

Presiden Jokowi Minta Pemain Timnas U-20 Tidak Patah Semangat
Presiden Jokowi Minta Pemain Timnas U-20 Tidak Patah Semangat (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Timnas Indonesia U-20 secara resmi dibubarkan setelah pelatih dan pemain melakukan pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK), Sabtu (1/4/2023).

Hal itu disampaikan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, usai melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi di lapangan, di sela-sela latihan ringan Timnas U-20.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi datang untuk memberikan suntikan semangat setelah Timnas Indonesia U-20 dipastikan tak tampil di Piala Dunia 2023.

Hal itu disebabkan FIFA mencopot status Indonesia sebagai tuan rumah. Indonesia sendiri masuk menjadi salah satu peserta melalui slot tuan rumah.

"Setelah ini pemain akan dibubarkan ya," kata Shin Tae-yong kepada pewarta.

Lebih lanjut Shin Tae-yong juga menjelaskan bahwa Presiden Jokowi sejatinya sangat menantikan pertandingan Timnas Indonesia di event dunia. Apalagi, ia kerap melihat pertandingan-pertandingan Timnas. Tapi apa daya Piala Dunia U-20 batal digelar.

"Pak Presiden tadi bicara kalau selalu nonton pertandingan-pertandingan Timnas dan melihat Timnas dalam perkembangan yang baik, tetapi sangat disayangkan karena Piala Dunia U-20 tidak bisa digelar, jadi kita tidak bisa ikut," ujarnya.

Sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan itu mengaku sakit hati setelah Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Meski begitu, ia tetap menyimpan ambisi besar agar tim Garuda dapat bermain di Piala Dunia.

"Piala Dunia dicabut bisa saja ada potensi ikut jadi peserta di negara manapun, pasti akan latihan normal. Setelah selesai (Piala Dunia U-20). fokus ke senior mulai FIFA Matchday di bulan Juni, Piala Asia Januari tahun depan," kata Shin Tae-yong di Hotel Sultan, baru-baru ini.

"Tim senior itu, ya biar bisa ikut Piala Dunia karena Piala Dunia berikutnya ada 8,5 tiket (dari AFC). Jadi, saya akan berusaha mencetak sejarah baru di ASEAN," tambahnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi meminta para pemain muda tim nasional U-20 Indonesia agar tidak patah semangat karena masih banyak kesempatan untuk berlaga di kejuaraan internasional lainnya seperti SEA Games, Asian Games, AFF atau Olimpiade.

“U-20 ini karena masih muda masih memiliki kesempatan. Bisa main di SEA Games, bisa main di Asian Games, bisa main di AFF, masih bisa main di Olimpiade 2024, saya kira kesempatan itu masih panjang,” kata Jokowi pada konferensi pers setelah bertemu dengan para pemain timnas U-20 di GBK, Jakarta, Sabtu (1/4/2023).

Presiden Jokowi juga menekankan bahwa kesempatan untuk para pemain timnas U-20 masih banyak.

“Saya sampaikan kepada mereka jangan patah semangat,” tandas Presiden Jokowi.