Indonesia Batal Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Berikut Pernyataan Lengkap FIFA

Indonesia Batal Tuan Rumah, Berikut Pernyataan Lengkap FIFA
Indonesia Batal Tuan Rumah, Berikut Pernyataan Lengkap FIFA (Foto : fifa.com)

Antv – Organisasi sepakbola dunia FIFA memutuskan untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang rencananya akan digelar pada bulan Mei 2023 mendatang.

Selain itu, FIFA yang bermarkas di Zurich, Swiss ini, menyampaikan adanya potensi sanksi untuk PSSI.

Seperti dikutip dari situs resmi FIFA, Rabu (29/3/2023), oraganisasi yang memiliki 211 anggota asosiasi itu, membatalkan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, berdasarkan situasi sebelumnya di mana adanya protes di Indonesia mengenai keikutsertaan timnas Israel.

Dalam pernyataanya FIFA juga menyebutkan bahwa tuan rumah baru yang menggantikan Indonesia akan diumumkan segera tanpa mengubah jadwal turnamen.

Berikut ini pernyataan lengkap FIFA yang dirilis di situs resminya:

Menyusul rapat antara Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketum PSSI Erick Thohir, FIFA telah memutuskan berdasarkan kondisi saat ini yaitu membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Tuan rumah baru yang menggantikan Indonesia disebut akan diumumkan segera tanpa mengubah jadwal turnamen. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya.

FIFA menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan itu tetap berkomitmen aktif membantu PSSI dan bekerja sama erat dengan dukungan pemerintahan Presiden Jokowi dalam proses transformasi persepakbolaan Indonesia pasca tragedi yang terjadi pada Oktober 2022. Anggota dari FIFA disebut akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang.

Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Ketum PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat.