Jelang Piala Dunia U-20, Berharap 'Sesuatu' Tak Terjadi

Piala Dunia U20, Berharap 'Sesuatu' Tak Terjadi
Piala Dunia U20, Berharap 'Sesuatu' Tak Terjadi (Foto : Istimewa)

Oleh:

M. Nigara
Wartawan Senior Sepakbola

Antv – JIKA GAGAL jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, 2023, ini akibat manifesto politik dari sejumlah gubernur, elite partai, dan tokoh ormas. Anda dipastikan kehilangan puluhan juta suara kami di Pilpres dan Pilkada 2024! Suporter Sepak Bola Indonesia.

Begitu ancaman dari kelompok suporter sepakbola Indonesia terkait kegaduhan atas penolakan Israel yang mengancam posisi Indonesia sebagai tuan rumah.

Ancaman ini tidak boleh dipandang sebelah mata, tapi juga tidak perlu panik. Seperti dalam al Quran surah al-Insyirah 5-6: "Karena, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

Repucom, lembaga survei yang berfokus pada perkembangan olahraga, tahun 2022, menempatkan Indonesia sebagai negara kedua yang 77 persen penduduknya mencintai sepakbola.

Nigeria menempati posisi pertama dengan 83 persen, dan Argentina yang baru saja menjadi juara dunia kembali dan Brasil juara dunia 5 kali, hanya berada di posisi kelima dengan 72 persen serta keenam dengan 50 persen.

Jika dihitung dari jumlah penduduk, maka Indonesialah menjadi negara yang terbanyak penduduknya menggilai sepakbola. Dari 270 juta penduduk, 207.900.000 penduduk pencinta si kulit bundar.