6 Stadion Piala Dunia U-20 Mulai Dilakukan Inspeksi Akhir oleh FIFA

6 Stadion Piala Dunia U-20 Mulai Dilakukan Inspeksi Akhir oleh FIFA
6 Stadion Piala Dunia U-20 Mulai Dilakukan Inspeksi Akhir oleh FIFA (Foto : Twitter)

Antv – Federasi Sepakbola dunia, Fédération Internationale de Football Association (FIFA) telah memulai proses inspeksi terakhir terhadap 6 stadion di Indonesia yang akan menyelenggarakan Piala Dunia U-20.

Inspeksi dilakukan selama enam hari berturut-turut mulai 22-27 Maret 2023 di enam kota pelaksana.

Terdapat 18 perwakilan FIFA dari berbagai departemen seperti kompetisi, keselamatan, keamanan, media, dan departemen-departemen pendukung jalannya pertandingan lainnya.
Tak hanya FIFA, panitia penyelenggara (LOC) juga turut mendampingi dalam penyelenggaraan inspeksi ini.

“Prinsipnya FIFA mengecek persiapan terakhir semua venue dan memberikan feedback detail, masukan ini penting bagi semua pihak. Kedatangan mereka penting bagi kita sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-20 tahun ini," kata Ronny Suhatril, Head Of Operation LOC untuk Piala Dunia U-20 dalam keterangan tertulinya, Kamis (23/3/2023).

Saat inspeksi, FIFA bersama LOC mendiskusikan semua hal terkait operasional selama pertandingan. Termasuk di dalamnya penentuan akses, perencanaan keamanan dan semua kelengkapan yang harus disiapkan.

Setelah Jakarta, FIFA akan mengunjungi kota tuan rumah lainnya secara berurutan, hingga inspeksi berakhir di Bali. Di mana FIFA, melakukan persiapan jelang pengundian resmi peserta Piala Dunia U-20 yang rencananya dilaksanakan pada 31 Maret 2023.

Piala Dunia U-20 akan berlangsung di enam kota yakni Jakarta, Palembang, Bandung, Solo, Surabaya, dan Gianyar (Bali).

Ajang terbesar kedua FIFA setelah Piala Dunia senior ini akan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Saat ini seluruh peserta sudah lengkap dari enam konfederasi, Indonesia salah satu wakil Asia berpartisipasi sebagai tuan rumah.

Pada proses pengundian nanti Indonesia menempati pot 1 (satu) bersama Uruguay, Amerika Serikat, Prancis, Senegal, dan Italia.
 
Berikut ini daftar stadion di Indonesia yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 2023:

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta)

Di Indonesia, tentunya Stadion Utama Gelora Bung Karno atau SUGBK menjadi pilihan utama untuk mengadakan pertandingan internasional ini.

Stadion yang multifungsi dan bagian dari kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno di Jakarta ini biasanya memang dipakai sebagai tempat bertanding internasional maupun markas dari timnas Indonesia.

Dengan kapasitas sekitar 78 ribu penonton, SUGBK sangat cocok jadi tempat penyelenggaraan pertandingan internasional.
 
2. Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali)

Berasal dari nama pahlawan pemberani dari Gianyar, sejumlah sekitar 25 ribu penonton bisa mengisi stadion yang ada di Bali ini.
 
3. Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya)

Stadion yang berada di Surabaya ini bisa diisi hingga 45 ribu penonton.

Pada tahun 2020, Stadion Gelora Bung Tomo direnovasi untuk menyambut Piala Dunia U-20 ini yang tadinya akan diadakan pada 2021 namun ditunda ke 2023 karena pandemi.

Stadion ini merupakan markas baru bagi Persebaya Surabaya sebagai pengganti Stadion Gelora 10 November.
 
4. Stadion Manahan (Solo)

Stadion ini berkapasitas 25 ribu penonton dengan model bangku single-seat pada tiap sisi tribunnya.

Stadion ini juga merupakan markas dari klub Persis Solo dan bagian dari kompleks GOR Manahan Solo dengan luas sekitar 170 ribu meter persegi.
 
5. Stadion Si Jalak Harupat (Bandung)

Selanjutnya, Bandung akan jadi salah satu kota penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 di pertengahan tahun 2023 nanti.

Dengan kapasitas mencapai 30 ribu orang, stadion di Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung ini punya penerangan lampu dan lapangan latihan berstandar FIFA.
 
6. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang)

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring ini berasal dari nama kemaharajaan maritim Sriwijaya yang pusatnya berada di Palembang.

Bisa menampung hingga 25 ribu penonton, stadion ini mulai dibangun 1 Januari 2001 untuk penyelenggaraan PON XVI saat Palembang jadi kota penyelenggara pada 2 September 2004.