Didier Deschamps Tunjuk Kylian Mbappe sebagai Kapten Timnas Prancis

Didier Deschamps Tunjuk Kylian Mbappe sebagai Kapten Timnas Prancis
Didier Deschamps Tunjuk Kylian Mbappe sebagai Kapten Timnas Prancis (Foto : Twitter)

Antv – Penyerang sayap Kylian Mbappe resmi ditunjuk sebagai kapten Timnas Prancis. Bintang Paris Saint Germain itu menggantikan Hugo Lloris yang pensiun Januari lalu.

Kabar ini diketahui lewat pengumumkan resmi Federasi Sepakbola Prancis (FFF) pada Rabu (22/3/2023) waktu setempat.

Penunjukkan bintang muda PSG itu menurut sang pelatih, Didier Deschamps karena Mbappe telah memenuhi syarat menjadi kapten tim.

"Kylian memenuhi segala persyaratan untuk memikul tanggung jawab itu. Tidak hanya di lapangan, Mbappe membuat tim lebih solid juga di luar lapangan," ucap Deschamps dilansir dari laman FFF.fr, Kamis (23/3/2023).

Juru taktik berusia 54 tahun itu juga menyampaikan, bahwa Antoine Griezmann yang menjadi wakil kapten. Pemain berusia 33 tahun itu pun juga dirasa layak untuk memimpin Prancis.

Jabatan kapten Les Bleus kosong setelah kiper Hugo Lloris pensiun dari Timnas Januari lalu. Final Piala Dunia 2022 jadi laga terakhir Lloris bersama negaranya itu.

Kini, Didier Deschamps menunjuk Mbappe untuk menjadi penerus Lloris memimpin Timnas Prancis. Mbappe memang memiliki andil cukup besar sejak dirinya mulai bermain di skuad Les Blues.

Pemain berusia 24 tahun itu menjadi top skor Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 lalu. Mbappe mengantarkan Prancis kembali ke final meski harus puas menjadi runner up lantaran kalah dari Argentina.

Selain itu, Mbappe juga sudah mencetak 36 gol dari 66 penampilan untuk Timnas Prancis. Ia masuk dalam jajaran pencetak gol terbanyak meski masih berusia muda.

Mbappe saat ini sudah bergabung bersama Timnas Prancis untuk menjalani persiapan kualifikasi Euro 2024. Rencananya, Prancis akan menghadapi Belanda dan Irlandia.

Di sisi lain, Tim Ayam Jantan saat ini kehilangan sejumlah pemain seniornya yang memutuskan untuk pensiun. Mereka di antaranya ada Lloris (Tottenham), Raphael Varane (Manchester United), Karim Benzema (Real Madrid), dan Steve Mandanda.

Meski begitu, mereka tetap masih menjadi tim bertabur bintang yang memiliki banyak pemain muda. Selain Mbappe, Prancis masih memiliki Tcuameni, Camavinga, Kounde, dan bintang muda lainnya.