Persebaya 1-2 Barito Putra, Aji Santoso Sesalkan Pemain Belakangnya Tak Jalankan Skemanya

Persebaya 1-2 Barito Putra, Aji Santoso Sesalkan Pemain Belakangnya
Persebaya 1-2 Barito Putra, Aji Santoso Sesalkan Pemain Belakangnya (Foto : antvklik-Zainal Azkhari)

Antv – Permainan Persebaya terus merosot dan selalu kalah di tiga laga terakhir , Persebaya Surabaya gagal memenuhi targetnya mencuri satu poin di kandang Barito Putera usai kalah 1-2 dalam laga pekan ke-29 Liga 1 2022/2023 di Stadion Demang Lehman, Banjarmasin, Kamis 9 Maret 2023.

Juru Taktik Persebaya , Aji Santoso menyesalkan permainan pemain di lini belakang Persebaya yang kurang padu dan tidak menjalankan Skema taktik yang sudah diberikan sejak latihan hingga sebelumnya pertandigan.

Ia mencontohkan, gol pertama Barito putra buah kesalahan antisipasi Rizky Ridho yang membuat pantulan bola justru mengarah ke Yuswanto yang berdiri bebas dan melakukan heading sempurna untuk menjebol gawang Bajul Ijo.

"Sejak latihan sudah saya sampaikan, ketika Renan Silva naik harus ada yang menjaga. Tapi saya tidak tahu dalam pertandingan mereka lupa atau bagaimana. Sebab, Renan Silva punya freekick attacking yang bagus. Jadi kesalahan pemain belakang kami yang membuat kami kalah," Ungkapnya

Gol semata wayang Persebaya dicetak oleh Ahmad Nufiandani di menit ke-52. Sedangkan dua gol Barito dicetak Yuswanto Aditya di menit ke-32 dan Renan Alves di menit ke-78.

Hasil ini sangat mengecewakan bagi Persebaya. Sebab Bajul Ijo relatif memiliki waktu lebih panjang, kemudian Barito juga pincang, tampil tanpa tiga pemain pilarnya.

Apalagi, sepanjang laga Persebaya cukup menguasai pertandingan. Berdasar statistik, Alwi Slamat dan kawan-kawan unggul 68 persen penguasaan bola dibanding tuan rumah hanya 38 persen.

Kendati menguasai permainan, serangan-serangan yang dibangun selalu dipatahkan oleh pemain-pemain Barito yang lebih banyak bertahan. Di sisi lain, Barito justru memanfaatkan hasil intersep bola menjadi serangan balik yang cepat.

Namun, lagi-lagi antisipasi yang salah dilakukan pemain-pemain Persebaya menjadi petaka bagi tim. "Memang dalam laga tadi Persebaya lebih mendominasi. Dua Gol yang dibuat Barito murni kesalahan pemain belakang kami,"Pungkasnya

Atas hasil buruk tersebut , target Persebaya untuk bisa tetap berada di 10 besar tepatnya di peringkat 6 besar hingga akhir pra musim tampaknya sulit terlampaui .