Hasil Semifinal Copa del Rey : Gol Bunuh Diri Jadi Hasil Akhir Real Madrid Kontra Barcelona

Semifinal Copa del Rey Leg-1 : Real Madrid 0-1 Barcelona
Semifinal Copa del Rey Leg-1 : Real Madrid 0-1 Barcelona (Foto : Reuters)

Antv –  Hasil pertandingan semifinal leg pertama Copa del Rey, gol bunuh diri jadi penentu hasil akhir laga antara Real Madrid kontra Barcelona di Stadion Santiago Bernabeu, Jumat dini hari, 3 Maret 2023. Laga El Clasico jilid 252 ini, Barcelona menang tipis atas tuan rumah Real Madrid 1-0.

Selanjutnya kedua tim kembali bentrok pada semifinal leg kedua yang akan berlangsung bulan depan atau 6 April 2023 di kandang Barcelona. Pemenang dari laga ini akan melaju ke babak final Copa del Rey, melawan pemenang antara Osasuna lawan Athletic Bilbao. Di leg pertama Osasuna menang atas Bilbao 1-0, Kamis dinihari.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Madrid terlihat percaya diri. Mereka coba menguasai lebih banyak bola untuk mendikte permainan tim tamu. Pada menit ke-13, Karim Benzema bisa mencetak gol ke gawang Barcelona. Namun wasit menganulir setelah melihat VAR, Benzema dalam posisi offside saat menerima umpan Vinicius Junior.

Petaka justru datang untuk Madrid pada menit ke-26. Gawang tim berjuluk Los Blancos yang dikawal Thibaut Courtois kebobolan setelah Eder Militao melakukan gol bunuh diri. Berawal dari usaha gelandang Barcelona, Franck Kessie yang menyontek bola usai memanfaatkan umpan terobosan Raphinha. Bola sebenarnya bisa ditepis kiper Madrid, Courtois, tetapi justru mengenai Eder Militao yang berakibat bunuh diri.

Ketinggalan satu gol membuat skuad asuhan Carlo Ancelotti untuk bermain agresif. Mereka berupaya untuk memberi tekanan, dan beberapa kali melakukan percobaan. Akan tetapi, percobaan yang dilakukan oleh Luka Modric dan kawan-kawan masih belum maksimal. Penyelesaian akhir dari mereka masih kurang baik.

Memulai babak kedua, Madrid menambah intensitas serangan ke pertahanan Barcelona. Tapi, sulit bagi mereka untuk bisa mengkreasikan serangan hingga mendapat peluang emas. Skuad asuhan Xavi Hernandez bermain dengan solid untuk menggalang pertahanan.

Mereka tak membiarkan Madrid memiliki celah kosong yang bisa dimanfaatkan untuk mencetak gol balasan. Sampai wasit meniup peluit panjang, tak ada gol tambahan yang tercipta pada pertandingan ini. Barcelona menang atas Real Madrid 1-0. Keunggulan agregat ini bagus untuk Barcelona yang pada leg kedua nanti gantian jadi tuan rumah. Madrid harus berjuang semaksimal mungkin jika ingin tetap bisa melenggang ke final Copa del Rey.