PB Perpani Target Raih Medali Emas Di Olimpiade Paris 2024

Ketua Umum PB Perpani Arsjad Rasjid  periode 2022-2026
Ketua Umum PB Perpani Arsjad Rasjid periode 2022-2026 (Foto : Humas PB Perpani)

Antv - Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB Perpani) periode 2022 - 2026 yang baru dilantik menargetkan perolehan medali emas untuk Indonesia di Olimpiade 2024 yang akan digelar di Paris Prancis.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Umum PB Perpani, Arsjad Rasjid, usaii acara pelantikan pengurus PB Perpani yang digelar di Lapangan Panahan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Rabu (8/2/2023).

"Supaya lagu Indonesia raya bisa di berkumandang di olimpiade tahun depan," ujar Arsjad Rasjid.

Dia mengaku Indonesia punya kapasitas tersebut, dan sudah pernah dibuktikan sebelumnya, termasuk dalam Olimpiade 1988 di Korea Selatan.

Saat itu Nurfitriyana Saimana, Lilies Handayani, dan Kusuma Wardhani. Lilies Handayani berhasil menyabet medali perak pertama untuk Indonesia.

"Indonesia memiliki talenta-talenta itu. Jadi tinggal bagaimana mempertajam, membuat kepercayaan diri. Karena bukan hanya keahlian, tapi yang paling penting mental, musti sering bertanding. Kalau sering bertanding jadi siap. Kalau bertandingnya kurang, mental kepercayaan dirinya kurang," kata Ketua Umum PB. Perpani.

Arsjad Rasjid menambahkan, mencetak atlet berprestasi membutuhkan proses berkesinambungan, dalam sebuah rangkaian pembangunan keolahragaan, yang terdiri atas tahap pembudayaan, pembibitan, pengembangan, dan pembinaan prestasi.

Pada tahap pembinaan prestasi, ketika atlet-atlet nasional telah terseleksi dan terpilih, akselerasi prestasi atlet-atlet tersebut harus dilakukan secara terpusat dan berkesinambungan untuk proyeksi ajang internasional, melalui berbagai intervensi yang terukur dari segi fisik, gizi, maupun psikis melalui program road to champions.

“Pembenahan menyeluruh baik dari segi kualitas SDM, sarana prasarana, program pembinaan dan perlombaan, serta organisasi yang mandiri menjadi target jangka panjang yang akan kami lakukan dalam rangka membawa Panahan Indonesia kembali berjaya,” tambahnya.

Di acara yang juga dihadiri oleh tiga Srikandi panah Indonesia itu, Arsjad Rasjid mengakui bahwa waktu yang tersedia untuk mengejar target panahan tidaklah banyak.

Perpani harus menyiapkan atlet untuk ikut Asian Games yang akan digelar tahun ini, dan menyiapkan atlet untuk olimpiade.

Arsjad Rasjid, di acara pelantikan menjelaskan bahwa tema kepengurusannya adalah inklusif kolaboratif.