Bulutangkis India Terbuka 2023, Tumbangkan Cina, Ginting Melaju Ke Semifinal

Anthony Sinisuka ginting Lolos ke Semifinal India terbuka 2023
Anthony Sinisuka ginting Lolos ke Semifinal India terbuka 2023 (Foto : Media PP PBSI)

Antv – Pemain tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting sukses melaju ke babak  semifinal turnamen bulutangkis India Terbuka 2023. Andalan Indonesia ini maju ke babak empat besar usai mengalahkan Li Shi Feng asal China.

Pada laga perempatfinal turnamen yang berhadiah total 900 ribu dolar AS digelar di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi, Jumat (20/1) siang, Ginting harus bertarung tiga gim. Unggulan keenam itu pun akhirnya menang dengan skor 21-11, 17-21, 21-18 dalam durasi 65 menit.

"Puji Tuhan bersyukur bisa menang dan tanpa cedera. Tadi di gim pertama, saya gampang bisa mendapat poin. Bisa mengatasi kendala di lapangan. Tadi itu juga pertandingan yang ketat dan tak mudah. Rasanya senang bisa menang dan saya bisa menerapkan pola permainan seperti yang diharapkan," ujar Ginting.

Di gim pertama Ginting memang mampu mengontrol permainan. Neting tipis dan dipadu dengan serangan, kerap merepotkan lawan dan menghasilkan angka. Variasi pola permainannya begitu hidup dan selalu mendominasi. "Saya gembira dengan kemenangan, meski harus bertarung tiga gim. Saya berusaha keras untuk mengalahkan Li," kata Ginting.

Memasuki gim kedua, hingga poin 7  sebenarnya Ginting mampu mengontrol permainan lawan. Setelah itu banyak kesalahan yang dilakukannya. Berkali-kali permainan netnya tidak menyeberang ke bidang permainan lawan. Permainannya terasa monoton. "Gim kedua, permainan saya mungkin terlalu monoton. Lawan rupanya sudah belajar dari kekalahan gim pertama dengan mengubah strategi. Sayangnya, saya masih tetap dengan pola permainan yang sama. Masih monoton. Coba berubah strategi, tetapi saya malah kurang tenang," tutur Ginting.

Gim ketiga, Ginting masih sering melakukan kesalahan. Permainan netnya kerap dapat diantisipasi lawan. Setelah tertinggal 6-10, Ginting lalu bisa bangkit hingga menyamakan kedudukan 10-10 dan bahkan berbalik unggul 11-10 di interval gim ketiga. Permainan netnya kembali hidup. Variasi serangannya makin kaya. Bahkan dalam satu reli, pukulannya membuat shuttlecock sempat bergulir di net yang mengantarkan jadi unggul 13-10.