NOC Indonesia Terkesan dengan Persiapan Cabor Wushu Untuk SEA Games 2023 Kamboja

Presiden NOC Indonesia Raja Sapta oktohari Dengan  Atlet wushu
Presiden NOC Indonesia Raja Sapta oktohari Dengan Atlet wushu (Foto : NOC Indonesia/M Rifqi)

Antv – Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) meninjau pemusatan latihan nasional (pelatnas) wushu di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Jumat, 20 Januari 2023.

Pelatnas ini diadakan dalam rangka persiapan menuju SEA Games 2023 Kamboja dan Asian Games 2022 Hangzhou yang berlangsung tahun ini.

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari terkesan dengan persiapan yang dilakukan cabor Wushu. Sebagai informasi, Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) pimpinan Airlangga Hartanto sudah menggelar pelatnas jangka panjang untuk 14 atlet dari disiplin taulo (seni) dan sanda (tarung) sejak tahun lalu.

“Saya lihat persiapan wushu berjalan baik. Saya yakin ya, apalagi jika melihat dari fasilitasnya. Saya kira kalau besok SEA Games, wushu pasti sudah siap,” kata Okto sapaan karib Raja Sapta.

“Sebagai Ketua NOC Indonesia, melihat persiapan seperti ini, tadi saya bilang, kalau bisa tampil menjadi juara umum. Di SEA Games akan ada 20 nomor yang dipertandingkan, ya bisalah (amankan 9-10 nomor).”

Okto kembali menekankan SEA Games untuk sekedar menjadi ajang solidaritas negara Asia Tenggara. Untuk cabor wushu, ia mengingatkan acuan utama adalah Asian Games. Apalagi, wushu Tim Indonesia mampu meraih hasil optimal di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, yakni meraih 1 emas, 1 perak, 3 perunggu.