Topping Off Venue Indoor Multifunction Arena, Siap Sambut FIBA World Cup 2023

Presiden Jokowi saat toping off  Indoor Multifunction Arena
Presiden Jokowi saat toping off Indoor Multifunction Arena (Foto : istimewa)

Antv – Sebuah momen penting hadir bagi pecinta bola basket Indonesia. Bertempat di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Presiden Joko Widodo melaksanakan seremoni penutupan atap sebagai tanda Topping off Indoor Multifunction Stadium (IMS) yang akan menjadi venue bagi event bola basket terbesar dunia FIBA World Cup 2023.

img_title
Toping off Indoor Multifunction Arena di Gelora Bung Karno Jakarta. (Foto: istimewa)

Acara yang dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali ini berlangsung pada Jumat (13/1/2023) sore.

IMS merupakan karya berkelas dunia karya anak bangsa Indonesia dengan luas 30.270 m2 di bawah pengelolaan PPK-GBK. Bangunannya seluas 50.398 m2 dan mampu menampung kapasitas penonton sebanyak 16.523 orang. Posisinya berada di antara Lapangan Panahan dan Hall Basket serta Lapangan Squash.

Desainnya dibuat bersama oleh rumah produksi dalam negeri yakni Aboday, Alien Design Consultant dan Svein Studio. Kontraktor pembangunannya diserahkan kepada konsorsium BUMN Karya yang terdiri dari PT Adhi Karya, PT Nindya Karya, dan PT Penta. Mereka bekerja di bawah pengawasan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Infrastruktur bergaya modern ini dibangun untuk menyambut terpilihnya Indonesia menjadi salah satu tuan rumah bersama FIBA World Cup 2023 bersama Filipina dan Jepang. Tak hanya bisa menggelar laga basket saja, IMS juga dapat dipakai untuk pertandingan bulu tangkis, bola voli, tenis, atletik indoor, tinju, dan MMA.