PSS Sleman Targetkan Curi Poin dari Pemuncak Klasemen PSM Makassar

PSS Sleman Targetkan Curi Poin dari Pemuncak Klasemen PSM Makassar
PSS Sleman Targetkan Curi Poin dari Pemuncak Klasemen PSM Makassar (Foto : antvklik-Andri Prasetiyo)

AntvPSS Sleman akan melakoni laga perdana putaran kedua BRI Liga 1 2022/2023 pada Sabtu, 14 Januari 2023. Lawan yang akan dihadapi adalah sang pemuncak klasemen sementara, PSM Makassar.

Duel kedua tim akan digelar di Stadion Gelora B.J. Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan. Pertandingan ini disebut tidak akan mudah bagi Super Elang Jawa.

Pelatih PSS Seto Nurdiyantoro bahkan menyebut PSM Makassar sebagai salah satu kandidat kuat juara Liga 1 musim ini.

"PSM Makassar tim kuat, salah satu kandidat tim juara di BRI Liga 1 2022/2023. Penampilan mereka cukup konsisten di setiap pertandingan," kata Seto dikutip dari laman resmi klub, Kamis (12/1/2023).

Pada laga nanti, tim berjuluk Juku Eja akan kehilangan dua pemainnya, Yuran Fernandes dan Agung Manan. Namun menurut Seto, hal itu tidak menjadikan keuntungan bagi timnya.

"Kehilangan satu-dua pemainnya tidak menjadi masalah, secara kolektif mereka mampu saling mengisi," ungkap pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

"Jadi tidak ada keuntungan bagi kami PSM Makassar kehilangan pemain, apapun itu kita harus berjuang, lebih fokus pada tim sendiri dan bagaimana mengantisipasi PSM Makassar bermain. Harapannya pemain bisa tampil lepas, bisa belajar dari pertandingan-pertandingan sebelumnya," imbuhnya.

Seto menambahkan, laga kontra Juku Eja akan dijadikan sebagai momentum kebangkitan. Oleh karenanya pemain harus bisa menampilkan sesuatu yang baru di tahun yang baru.

"Ini pertandingan perdana putaran kedua, kita memberikan motivasi kepada pemain agar memberikan sesuatu yang baru di tahun yang berbeda," ujarnya.

Mantan pemain Timnas era 2000an itu juga mewanti-wanti pemainnya agar bermain dengan hati saat melawan PSM.

"Paling penting bagi kami tim pelatih, yakni ada motivasi tersendiri bagi pemain bahwa mereka berada di PSS Sleman bukan hanya semata hubungan kerja profesional tapi karena niat di hati, ketulusan bahwa mereka bermain dengan niat yang baik," harap Seto.

Mantan gelandang serang Pelita Jaya itu juga menginstruksikan Kim Kurniawan dkk untuk lebih bermain secara tim daripada menunjukkan performa bagus secara individual.

"Saya dan jajaran tim pelatih selalu memompa motivasi pemain agar benar-benar menampilkan performa yang terbaik dari mereka secara kolektif bukan semata-mata individu. Benar-benar bekerja secara tim baik ketika bertahan maupun menyerang," terang pelatih Asli Sleman tersebut.

Terkait target, Seto berharap bisa mencuri poin dari tuan rumah PSM Makassar.

"Tentu saja dari harapan ini kita bisa mengambil poin dari PSM Makassar baik satu atau tiga poin dari mereka," pungkasnya.