In Memoriam Pele, Momen Langka saat Sang Legenda Berkunjung ke Indonesia

Momen Langka saat Sang Legenda Berkunjung ke Indonesia
Momen Langka saat Sang Legenda Berkunjung ke Indonesia (Foto : Instagram @jejaksoeharto)

Antv – Legenda sepakbola asal Brasil, Pele, meninggal dunia dalam usia 82 tahun di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Brasil, Kamis (29/12/2022) atau Jumat dini hari WIB.

Bintang sepak bola asal Brasil, bernama asli Edson Arantes do Nascimento itu ternyata pernah berkunjung ke Jakarta pada 9-11 Desember 1974.

Pemain yang membawa Brasil menjuarai Piala Dunia tahun 1958, 1962 dan 1970 tersebut mendapat sambutan sangat meriah dari masyarakat Jakarta sejak mendarat di Bandar Udara Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dalam kunjungan itu, pele direncanakan menghadiri serangkaian agenda acara di antaranya bertemu Presiden RI kedua, Soeharto, dan melatih pemain sepak bola muda dari Yayasan Sekolah Sepak Bola di Stadion Utama Senayan (sekarang Stadion Utama Gelora Bung Karno).

Mengutip referensi KONI, "Dari Gelora Bung Karno ke Gelora Bung Karno", karena kelelahan dan merasa demam, Pele akhirnya jatuh sakit.

Pele pun harus diperiksa oleh tim dokter Kepresidenan RI sesaat sebelum bertemu Presiden Soeharto di gedung utama Sekretariat Kabinet, komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa, 10 Desember 1974.

Dokter Kepresidenan menyarankan Pele untuk istirahat total sampai sore hari agar agenda menonton bersama dengan Presiden Soeharto pada Selasa sore tidak batal.