Raih Juara 3 di Piala Dunia 2022, Kroasia Lampaui Segala Ekspektasi

Raih Juara 3 Piala Dunia 2022, Kroasia Lampaui Segala Ekspektasi
Raih Juara 3 Piala Dunia 2022, Kroasia Lampaui Segala Ekspektasi (Foto : Twitter)

Antv – Pada gelaran Piala Dunia 2022, Kroasia memang gagal mengulangi prestasi empat tahun silam mencapai final Piala Dunia, tapi mereka sukses mengulangi pencapaian 1998 dengan menempati peringkat ketiga Piala Dunia.

Pada 1998 mereka mengalahkan Belanda 2-1 untuk mencapai posisi itu, maka tahun ini pun mereka menang dengan skor yang sama melawan Maroko.

Mendominasi sepanjang laga dan menciptakan peluang gol lebih banyak, Kroasia menang berkat gol Josko Gvardial pada menit ketujuh yang dua menit kemudian disamakan Achraf Hakimi, sebelum Mislav Orsic mencetak gol penentu kemenangan tiga menit sebelum waktu normal babak pertama usai.

Diketahui, Kroasia tergolong negara yang baru lahir, tetapi mereka tak butuh bergenerasi-generasi untuk menjadi salah satu kekuatan besar sepak bola dunia.

Kroasia merdeka pada 25 Juni 1991 di tengah runtuhnya Yogoslavia. Kini Kroasia berpenduduk 3,8 juta jiwa atau sekitar sepertiga penduduk kota Jakarta. Nyatanya, Kroasia dua kali berturut-turut mencapai semifinal turnamen olah raga terbesar kedua setelah Olimpiade tersebut.

Dua semifinal itu juga bagian dari tiga semifinal sejak 1998 atau tujuh tahun setelah merdeka. Mereka memenangkan salah satu semifinal itu untuk kemudian mencapai final 2018, namun pada 1998 dan 2022 gagal melaluinya.

Dua kegagalan ini ditutup dengan epilog manis bersama predikat peringkat ketiga Piala Dunia.