Van Gaal Dipecat, Ronald Koeman Didapuk Kembali Latih Timnas Belanda

Van Gaal Dipecat, Ronald Koeman Didapuk Kembali Latih Timnas Belanda
Van Gaal Dipecat, Ronald Koeman Didapuk Kembali Latih Timnas Belanda (Foto : Twitter)

Antv – Kegagalan Belanda di Piala Dunia 2022 jadi akhir perjalanan kepelatihan Louis van Gaal yang dipecat di level timnas. Posisi kursi kepelatihan kini resmi diambil alih oleh Ronald Koeman.

Pergantian pelatih Timnas Belanda itu diumumkan langsung oleh Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) lewat laman resmi mereka, Minggu (11/12/2022). Koeman akan diikat kontrak hingga Piala Dunia 2026 mendatang.

"Setelah Piala Dunia yang akan datang, Ronald Koeman akan mengambil alih posisi Louis van Gaal sebagai pelatih nasional. Kontraknya dengan KNVB kali ini akan berjalan sampai Piala Dunia 2026 dan sekarang sudah diteken oleh kedua pihak," ungkap pernyataan resmi KNVB.

Koeman kemudian menyatakan dirinya menantikan lagi bekerja dengan timnas Belanda. Ia memimpin tim melalui 20 pertandingan, memenangi 11 dan kalah empat kali dengan rasio kemenangan 55%.

"Saya menantikan kolaborasi baru ini. 1,5 tahun lebih lalu, saya jelas tidak meninggalkan tim nasional Belanda karena ketidakpuasan," ujarnya.

"Masa-masa saya terasa bagus, hasil-hasilnya juga bagus saat itu dan hubungan dengan para pemain bagus. Kami segera akan melanjutkan jalan itu. Itu jelas buat saya," tambah Koeman.

Diketahui, Belanda gagal melangkah jauh di di Piala Dunia 2022 setelah kandas di babak perempat final.