Sosok Stephanie Frappart, Wasit Wanita Pertama yang Akan Pimpin Laga Piala Dunia

Stephanie Frappart, Wasit Wanita Pertama Pimpin Laga Piala Dunia
Stephanie Frappart, Wasit Wanita Pertama Pimpin Laga Piala Dunia (Foto : fifa.com)

AntvStephanie Frappart, wanita asal Perancis akan tercatat dalam sejarah sebagai wasit wanita pertama akan memimpin pertandingan di Piala Dunia.

Catatan sejarah sepak bola ini, akan terjadi saat laga Timnas Jerman versus Timnas Kosta Rika pada laga terakhir Grup E di Stadion Al Bayt, Al Khor, Jumat (2/12/2022). 

Stephanie akan menjadi wasit wanita kali pertama dalam sejarah Piala Dunia, ketika sebuah laga timnas pria dipimpin oleh seorang wasit perempuan.

Dalam Laga imnas Jerman versus Timnas Kosta Rika, FIFA akan menugaskan tim wasit yang seluruhnya perempuan. Stephanie Frappart (Prancis) akan menjadi wasit utama. Dia menjadi pengadil lapangan wanita pertama di Piala Dunia pria dalam 92 tahun sejarahnya.

Dalam Piala Dunia 2022, FIFA memang mengambil terobosan dengan menyertakan enam perempuan dalam 129 ofisial pertandingan yang diturunkan di Qatar.

Dari keenam perempuan itu, terdapat tiga orang yang diberi tugas sebagai wasit utama, yakni Stephanie Frappart (Perancis), Salima Mukansanga (Rwanda), dan Yoshimi Yamashita (Jepang).

Adapun tiga perempuan lainnya akan bertugas sebagai asisten wasit, yaitu Neuza Back (Brasil), Karen Diaz Medina (Meksiko), dan Kathryn Nesbitt (Amerika Serikat). Langkah FIFA ini menorehkan sejarah untuk kali pertamanya Piala Dunia menyertakan perempuan sebagai ofisial pertandingan.