Catatan Piala Dunia: Spanyol dan Brasil Terbaik

Catatan Piala Dunia: Spanyol dan Brasil Terbaik
Catatan Piala Dunia: Spanyol dan Brasil Terbaik (Foto : Instagram)

Antv – Tim Nasional, 32 negara peserta Piala Dunia 2002 Qatar sudah melakoni laga  perdana, sehingga 16 pertandingan sudah dimainkan. Tercatat, untuk sementara, hanya dua negara yang tampil baik, pantas disebut calon juara dunia, yakni Spanyol dan Brasil.

Nilai terbaik diraih Timnas Spanyol yang dilatih Luis Enrique. Tim Matador bermateri kombinasi pemain senior dan yunior, everage usia sekitar 25 tahun, harganya 15 triliun rupiah. Dan kita sudah tahu, juara Piala Dunia 2010 itu, menang telak atas Kosta Rika, 7-0, dalam sebuah laga tak seimbang. 

Permainan Spanyol ibarat orkestra. Setiap pemain punya talenta hebat di posisi masing masing. Tujuh gol yang bersarang di gawang Kosta Rika didasari kerjasama dalam alunan 'nada' yang tersusun rapi, enak ditonton, membuat kita kagum. 

Pemain kunci, sebagai dirigen Segio Bosquets. Pemain Barcelona ini sungguh lihai melakoni tugas sebagai gelandang jangkar, pemain sentral yang mengawali taktik bertahan dan juga jurus menyerang. 

Lihat saja, bila bola di kaki Sergio, pertahanan Spanyol aman. Sebaliknya pertahanan lawan terancam. Pemain berusia 33 tahun ini, cukup berlari lari kecil menjelajah lapangan, tapi bola umpannya, cepat menusuk, merobek pertahanan lawan.

Di sekeliling Sergio ada tiga gelandang muda punya ball skill luar biasa, berdaya ledak tinggi: Gavi, Dani dan Pedri. Dengan empat pemain ini, lapangan tengah Spanyol  terlihat  super. Cara kuartet ini bermain aktratif, membuat pemain Kosta Rika seperti berlajar sepakbola.

Kerennya, Gavi, Dani dan Pedri, bukan cuma mengamankan  lini tengah saat kalah bola. Ketiga gelandang serang ini aktif masuk ke jantung pertahanan lawan. Mereka menusuk dengan bola di kaki, atau sebagai 'hantu', pemain yang tiba tiba muncul di kotak pinalti lawan.