Inilah Pencapaian WorldSBK dan MotoGP untuk Mandalika, Lengkap dengan Jadwal WorldSBK 2022

Kemendagri Terbitkan Inmendagri Cegah Covid-19 di Ajang MotoGP Mandalika (Foto Dok. Istimewa)
Kemendagri Terbitkan Inmendagri Cegah Covid-19 di Ajang MotoGP Mandalika (Foto Dok. Istimewa) (Foto : )

Antv – Gelaran WorldSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, memberikan dampak yang cukup positif bagi peningkatan ekonomi di daerah dan nasional. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Pada kesempatan itu didampingi Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Direktur Utama ITDC, Ari Respati, Sandiaga mengatakan nilai ekonomi yang diperoleh dari WorldSBK dan MotoGP itu berdasarkan kajian komprehensif yang dilakukan Kemenparekraf dan Universitas Indonesia (Ul).

Hasilnya, terlihat penciptaan banyaknya lapangan kerja baru dan UMKM sehingga mampu mengurangi angka pengangguran di NTB.

“Kalau berkaca dari MotoGP tahun lalu dampaknya secara ekonomi Rp5,8 triliun. Itu dampak langsung maupun tidak langsung. Kita harapkan WorldSBK tahun ini juga berikan dampak seperti itu, mungkin tidak sebesar MotoGP, tapi secara bertahap," kata Sandiaga di Mandalika, Sabtu 12 November 2022.

“NTB tingkat penganggurannya menurun dan tingkat ekonominya di atas nasional. Walaupun ada perusahaan tambang besar yang menopang, tetapi tumbuhnya UMKM dan tercipta lapangan kerja cukup tinggi,” lanjut Sandiaga.

Selain itu, selama gelaran internasional tahun ini, kunjungan wisatawan melalui Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (Bizam) mencapai angka 6.000 orang per hari dari target 8.000 orang.