Klub Tertua Indonesia, Sejarah Panjang PSM Makassar yang Tepat Hari Ini Berusia 107 Tahun

PSM Makassar
PSM Makassar (Foto : VIVA)

Antv – Tepat hari ini 2 November 2022, PSM Makassar memasuki usia 107 tahun. Klub yang berdiri sejak tahun 1915 patut diakui sebagai klub sepakbola profesional tertua di Indonesia.

PSM Makassar menjadi satu diantara tim yang paling disegani dengan pemain-pemain andalannya. Perjalanan PSM Makassar pun dimulai dari nama Macassaarsche Voetbal Bond (MVB) yang kemudian disebut sebagai cikal bakal PSM Makassar.

Pada tahun 1940, pasukan Jepang datang ke Makassar untuk membuat kegiatan MVB menjadi surut. Saat itu, orang-orang Belanda yang tergabung dalam MVB ditangkap, sedangkan pemain lokal dijadikan Romusha dan sebagian dikirim ke Myanmar.

img_title
PSM Makassar di AFC. (Foto: Instagram @psm_makassar)

Jepang menerapkan aturan segala yang berbau Belanda harus dimusnahkan, sehingga membuat MVB menjadi lumpuh total. Setelah melenyapkan orang-orang Belanda, Jepang mencoba mencari dukungan penduduk setempat dengan membiarkan masyarakat menggunakan nama-nama Indonesia.

Dari situlah MVB akhirnya berubah nama menjadi PSM Makassar. Kemudian, pada tahun 1950, bintang-bintang PSM mulai bermunculan, termasuk Ramang yang kini menjadi julukan PSM Makassar, yaitu Pasukan Ramang.