Nama Erick Thohir Terus Menguat Jadi Bos PSSI, Gantikan Iwan Bule

Menteri BUMN Erick Thohir: "Tinta Hitam" Kanjuruhan Tak Bisa Dilupakan
Menteri BUMN Erick Thohir: "Tinta Hitam" Kanjuruhan Tak Bisa Dilupakan (Foto : Menteri BUMN Erick Thohir dan Presiden FIFA Gianni Infantino)

Antv – Nama Erick Thohir muncul sebagai kandidat bakal calon Ketua Umum PSSI, menggantikan Iwan Bule. Rencananya dalam waktu dekat, PSSI akan menggelar Kongres Luar Biasa untuk memilih Ketua Umum.

Pengamat Football Institute, Budi Setiawan mengatakan ada beberapa nama yang layak jadi calon ketum PSSI apabila Mochamad Iriawan mundur. Salah satunya adalah Erick Thohir.

Menteri BUMN ini mencuat setelah Mochammad Iriawan dan anggota Exco PSSI lainnya diminta mundur oleh Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Kanjuruhan. Meski secara normatif, pemerintah tidak bisa mengintervensi PSSI. Namun TGIPF menilai sudah sepatutnya ketua umum PSSI dan jajarannya mundur sebagai bentuk pertanggungjawaban moral atas jatuhnya ratusan korban jiwa.

"Ada beberapa nama yang beredar seperti sosok Erick Thohir, menurut saya orang yang pantas untuk maju sebagai ketua PSSI, yang kedua ada Hary Tanoesoedibjo yang sudah menjadi ketua Asosiasi Futsal selama kurun waktu lebih dari 7 tahun, lalu ada pak Ahsanul Khosasih sebagai Presiden Klub Madura United," jelasnya dalam jumpa pers dengan media, Senin, 31 Oktober 2022.

"Tiga orang itu punya profil yang bagus. Namun jika ada nama-nama lain dan lebih berkompeten, silakan saja," tambahnya. Lembaga independen Football Institute merilis survei terhadap kinerja PSSI dalam penanganan tragedi Kanjuruhan.

Hasilnya, mayoritas suporter menyatakan tidak puas. Founder Football Institute itu mengatakan, survei tersebut diambil dengan tema 'Persepsi Fans Sepak Bola Nasional Terhadap Kondisi Sepak Bola Nasional'. Salah satu poin survei membahas penilaian suporter terhadap tanggung jawab PSSI dalam penanganan tragedi Kanjuruhan.