Ini Kata Ketua Umum PSSI, Kapan Bergulirnya Liga 1 Indonesia

Gianni Infantino (Presiden FIFA) bertemu dengan PSSI
Gianni Infantino (Presiden FIFA) bertemu dengan PSSI (Foto : PSSI)

Antv – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengaku belum tahu kapan Liga 1 2022/2023 dilanjutkan. Iriawan mengatakan, saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah.

PSSI sedang fokus di Satuan Tugas (Satgas) Transformasi Sepakbola Indonesia. Satgas ini terdiri dari PSSI, unsur pemerintah, yakni Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Satgas ini bertugas untuk menemukan rumusan tentang tata kelola sepak bola di Indonesia. Menyinkronkan peran juga tanggung jawab dari setiap pemangku kepentingan sepak bola.

"Tunggu nanti perkembangan kita koordinasi dengan pemerintah. Karena nanti yang mengizinkan pemerintah," kata Iriawan saat ditemui di Lapangan Rugby, Senayan, Jumat 28 Oktober 2022.

"Tapi opsi-opsi akan dipaparkan oleh LIB nanti malam di tempat kami (Kantor PSSI)," ujarnya, menambahkan.

Sejak awal Oktober 2022, Liga 1 2022/2023 dihentikan sementara, imbas dari Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang. Sebelumnya, anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan, Akmal Marhali mengatakan Pemerintah tidak akan memberikan izin pertandingan sepakbola sampai ada perubahan signifikan di tubuh kepengurusan PSSI.

Akmal menuturkan, harus ada komitmen bersama PSSI untuk melakukan perbaikan tata kelola sepak bola tanah air. Sebagai pertanggungjawaban moral paling utama adalah Ketua Umum Mochamad Iriawan dan seluruh komite eksekutif (exco) mundur dari jabatannya saat ini.