Hasil Liga Champions : Gol Salah Bungkam Ajax, Liverpool Segel Tiket Ke 16 Besar

Harvey Elliot cetak gol kemenangan Liverpool vs Ajax
Harvey Elliot cetak gol kemenangan Liverpool vs Ajax (Foto : instagram liverpoolfc)

Antv – Hasil Liga Champions Eropa matchday kelima Gruo A, Kamis dinihari, 27 Oktober 2022, tampil meyakinkan Liverpool gilas Ajax Amsterdam 3-0. Hasil pertandingan lain di Grup A, Napoli perpanjang rekor kemenangan usai sikat Rangers 3-0.

Dengan hasil ini, Liverpool mengamankan tiket ke babak 16 besar Liga Champions, mendampingi Napoli yang sudah lebih dulu lolos. Napoli di puncak klasemen Grup A dengan 15 poin dan Liverpool 12 poin di peringkat dua.

Ajax Amterdam di peringkat tiga dengan tiga poin dan Rangers belum mendapatkan poin. Sedangkan, Ajax akan berebut tiket Liga Europa melawan Rangers, dengan keduanya berjarak tiga poin. Kedua tim ini akan saling berjumpa di matchday keenam alias laga terakhir fase grup di Ibrox, Glasgow.

Bertanding di Stadion Johan Cruijff Arena, kedua tim sama-sama menggunakan skema menyerang. Ajax tampil sangat ofensif, sedangkan Liverpool dengan ciri khas menerapkan permainan umpan-umpan panjang yang efektif.

Liverpool nyaris kebobolan saat laga baru berjalan tiga menit. Ajax membangun serangan dari kiri dan Steven Berghuis berlari bebas setelah menerima sodoran dari Brian Brobbey. Dengan ruang tembak yang terbuka, sepakan Berghuis cuma membentur tiang gawang.

Liverpool kembali hampir kebobolan pada menit ke-36. Sapuan Joe Gomez membentur pemain Ajax dan menjadi peluang untuk tuan rumah, dengan Steven Bergwijn lolos di sisi kanan. Umpan silangnya diterima Dusan Tadic yang bebas di kiri dan sepakannya masih mampu diblok Trent Alexander-Arnold.

The Reds akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit ke-42. Jordan Henderson meloloskan diri di sisi kiri dan melepaskan umpan silang. Mohammed Salah yang tak terkawal menyambut bola, dan dengan cerdik menaklukkan Pasveer yang maju dengan sedikit melambungkan bola.