Asian Youth Chess Championships 2022 Resmi dibuka Gubernur Bali

Gubernur Bali Resmi Buka Asian Youth Chess Championships 2022
Gubernur Bali Resmi Buka Asian Youth Chess Championships 2022 (Foto : Media PB Percasi)

Antv – Kejuaraan catur terbesar di Asia, International Asian Youth Chess Championships (AYCC) 2022 resmi dibuka Gubernur Bali, I Wayan Koster pada 14 Oktober 2022. Bertempat di Grand Inna Hotel, Kuta, Bali. Turnamen yang diikuti lebih dari 400 peserta dan melibatkan sekitar 300 partisipan ini, merupakan turnamen catur terbesar yang diselenggarakan PB Percasi setelah pandemi Covid-19.

Acara pembukaan yang dihadiri oleh Gubernur Bali I Wayan Koster, Pangdam Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto, Staf Ahli Kemenpora Dwijayanto, Kabid Luar Negeri KONI Pusat Hana Simanjuntak, Technical Delegate Asian Youth Casto Abundo, dan Ketua Panitia AYCC 2022 Dwi Hatmisari Ambarukmi.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto mengatakan bahwa turnamen yang diikuti para pecatur remaja ini merupakan turnamen yang penting, karena proses regenarasi atlet catur harus terus dilakukan.

"Kita berharap akan lahir Grandmaster- Grandmaster baru dari anak-anak yang ikut bertanding saat ini, " ujar Utut.

Sementara Gubernur Bali mengungkapkan kegembiraannya karena kegiatan yang melibatkan begitu banyak peserta dari dalam negeri dan mancanegara ini membuktikan Bali tetap menjadi destinasi utama wisata dunia.

"Turnamen ini sangat memberi dampak positif bagi pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali, " Ujar I Wayan Koster.

Kejuaraan AYCC 2022 ini diikuti para pecatur muda dari 20 negara, dengan rentang usia 7 hingga 18 tahun. Sehingga banyak peserta yang masih berusia belia ini membawa serta juga keluarga mereka untuk mendampingi. Asian Youth Chess Championships, akan berlangsung selama 7 hari (14 -21 Oktober 2022), dengan mempertandingkan Catur Standard, Catur Kilat, dan Catur Cepat.