Tiba di Indonesia, Delegasi FIFA Beberkan Hasil Pertemuan Dengan PSSI

Pintu 13 lokasi tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.
Pintu 13 lokasi tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. (Foto : Viva)

Antv – Tragedi Kanjuruhan yang memilukan terjadi pada 1 Oktober 2022 telah menyebabkan seratusan orang tewas dan luka-luka. Insiden itu terjadi usai laga Arema FC versus Persebaya Surabaya dalam pekan ke-11 Liga 1 2022/2023.

Semua elemen klub pengurus hingga federasi dan para pengamat sepak bola tanah air merespon hal tersebut. Tak terkecuali federasi sepak bola dunia FIFA. Perwakilan FIFA, Niko Nhouvannasak berkunjung ke Indonesia. Kedatangannya untuk memberikan support kepada PSSI atas Tragedi Kanjuruhan.

"Kedatangan FIFA ke Indonesia untuk memastikan dukungan dan bantuan kepada PSSI," ujar Niko, yang menjabat sebagai FIFA Development Project Coordinator, disadur dari laman PSSI dikutip Rabu 12 Oktober 2022.

img_title
Cegah Tragedi Kanjuruhan Terulang, Ini Imbauan FIFA Soal Jam Kick-off. (Foto : Ilustrasi-Pixabay)

Tak hanya itu, kedatangan Niko ke Indonesia juga untuk mengumpulkan data dan memeriksa situasi yang terjadi saat tragedi Kanjuruhan.

"Kami (FIFA dan PSSI) sedang menyusun rencana aksi yang konkret dan timeline untuk memastikan seluruh persiapan berjalan dengan tepat agar kompetisi di Indonesia segera bergulir lagi," kata Niko.

Sementara itu, Presiden FIFA, Gianni Infantino juga dijadwalkan berkunjung ke Indonesia. Kedatangannya untuk berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.