Potensi Hukuman FIFA: Indonesia Terancam Batal Ikut Piala Dunia U-20

Kerusuhan suporter Aremania
Kerusuhan suporter Aremania (Foto : VIVA / Lucky Aditya)

AntvTragedi Kanjuruhan menelan ratusan korban meninggal dunia. Bahkan tragedi tersebut telah melanggar beberapa poin penting yang ada di FIFA Disciplinary Code.

img_title
Kerusuhan suporter Aremania. (Foto : VIVA/Lucky Aditya)

Hal tersebut tertuang dalam pasal 16 kode disiplin FIFA tentang masalah dan keamanan dalam pertandingan. Berikut bunyi lengkap pasal 16 Kode Disiplin FIFA tersebut.

Klub tuan rumah dan bertanggung jawab atas pertanyaan dan keamanan di stadion dan di sekitar stadion, selama dan setelah pertandingan. Mereka bertanggung jawab untuk insiden dalam bentuk apa pun dan dapat dikenakan tindakan disipliner dan Arahan kecuali mereka dapat membuktikan bahwa tidak lalai dalam cara organisasi pertandingan.

Secara khusus, asosiasi, klub dan perangkat berlisensi yang menyelenggarakan pertandingan:

a) menilai tingkat risiko yang ditimbulkan oleh pertandingan dan memberitahu badan FIFA dari mereka yang sangat berisiko tinggi;

b) mematuhi dan menerapkan aturan jika keselamatan ada (peraturan FIFA, hukum nasional, perjanjian internasional) dan mengambil tindakan pencegahan yang diterapkan oleh keadaan di dalam dan di sekitar stadion, sebelum dan setelah pertandingan dan insiden terjadi;