DPR Sahkan Naturalisasi 2 Pesepakbola Jordi Amat Maas dan Sandy Henny

Pemain Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh.
Pemain Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh. (Foto : PSSI)

Antv –DPR RI mengesahkan naturalisasi dua pemain sepakbola yang akan memperkuat Timnas Indonesia, Jordi Amat Maas dan Sandy Henny Walsh.

Ketua DPR RI Puan Maharani berharap pemberian kewarganegaaan Indonesia kepada kedua pesepakbola itu akan meningkatkan prestasi Timnas Indonesia.

“Selamat kepada saudara Jordi Amat Maas dan saudara Sandy Henny Walsh yang sudah mendapatkan persetujuan naturalisasi. DPR berharap, pemberian kewarganegaraan ini dapat memperkuat Timnas Indonesia sehingga Tim Garuda semakin berprestasi,” kata Puan, Selasa (20/9/2022).

Persetujuan naturalisasi Jordi dan Sandy diambil dalam Rapat Paripurna DPR hari ini. Sebelumnya, kedua pesepakbola tersebut sudah menjalani sejumlah prosedur, termasuk tahap persetujuan oleh Komisi III DPR.

Jordi dan Sandy sempat mengikuti rapat kerja antara Komisi III DPR bersama Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), serta PSSI.

Hadir secara virtual dengan mengenakan batik, Jordi dan Sandy menyampaikan salam dan melafalkan Pancasila dalam Bahasa Indonesia.

Menurut Puan, pemberian kewarganegaraan melalui mekanisme ini dilakukan sesuai dengan ketentuan Pasal 20 UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. Pemberian kewarganegaraan untuk Jordi dan Sandy didasarkan pada kepentingan negara atau jasa yang luar biasa dari seseorang sehingga negara dapat memberikan kewarganegaraan kepadanya, yaitu prestasi di bidang olahraga.