PON 2028 di Nusa Tenggara, Ini Pembagian Cabang Olahraga di NTB & NTT

Musornaslub KONI Pusat 2022 Tetapkan PON 2028 di Nusa Tenggara
Musornaslub KONI Pusat 2022 Tetapkan PON 2028 di Nusa Tenggara (Foto : Dispora NTB)

AntvPON 2028 resmi ditetapkan, dan akan berlangsung di Nusa Tenggara, baik barat maupun timur. Ini hasil dari Musornaslub KONI Pusat atau Musyawarah Olahraga Nasional Luar bIasa 2022 di Jakarta, Selasa, 13 September 2022.  

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB menghadiri Musornaslub KONI Tahun 2022 dengan tema “Bersatu Menuju Prestasi Global” yang bertempat di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta.

Resmi NTB dan NTT ditetapkan sebagai Tuan Rumah PON XXII Tahun 2028.

Dalam sambutannya Gubernur NTB mengungkapkan ini merupakan perjuangan yang tidak mudah, namun dengan kerja keras dan kekompakan kita bersama, amanah Tuan Rumah PON XXII Tahun 2028 di serahkan kepada kita.

Menjadi Tuan Rumah PON XXII Tahun 2028 adalah kerja besar, Kita akan kedatangan banyak sekali tamu dan menggerakan bukan hanya pariwisata namun ekonomi juga secara keseluruhan. Oleh karena itu perlu kita berbenah dan perbaiki.

Usai Musornaslub KONI ini, tahap selanjutnya  yaitu Pemerintah Provinsi NTB bersama KONI NTB akan mempersiapkan segala sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana penunjang PON tersebut ada yang sudah tersedia dan ada yang memerlukan perbaikan-perbaikan, termasuk juga merencanakan pembangunan fasilitas yaitu GOR baru.

Persiapan tersebut dilakukan dengan menggunakan berbagai sumber anggaran seperti bantuan pusat dari APBN, APBD provinsi, APBD kabupaten dan kota dan sponsor serta dana pihak ketiga yang sifatnya sah dan tidak mengikat.