Menangi GP Italia, Verstappen Dekati Gelar Juara Dunia F1 2022

Max Verstapen menangi F1 GP Italia.
Max Verstapen menangi F1 GP Italia. (Foto : instagram f1)

AntvPebalap Red Bull, Max Verstappen makin dekat menjadi juara dunia balap Formula 1, usai memenangi GP Italia.

Dengan kemenangan ini, Max Verstapen berada di puncak klasemen sementara F1 2022 dengan mengumpulkan 335 poin. Di peringkat dua, Leclerc meraih 219 poin atau tertinggal 116 poin dari Vertaspen dan peringkat ketiga Sergio Perez dengan 210 poin.  

Meski masih menyisakan enam seri, pada balapan GP Singapura, 2 Oktober mendatang, Verstapen bisa saja mengunci gelar juara dunia F1 jika pesaingnya Leclerc dan Perez gagal masuk finish. 

Secara teori, Verstappen akan mendulang 360 poin, unggul 141 poin atas Leclerc dan 150 poin dengan Perez. Lantaran setelah itu hanya ada lima seri lagi atau 125 poin yang diperebutkan, maka selisih itu mustahil dipangkas.

Formula 1 Grand Prix Italia berlangsung di Sirkuit Monza, Minggu, 11 September 2022. Saat start, Verstappen sebenarnya memulai lomba dari posisi tujuh. Pimpinan lomba justru dipegang Pebalap Ferari, Charles Leclerc. 

Pada lap 12, Leclerc memanfaatkan virtual safety car untuk masuk pit stop. Sedangkan Verstapen baru masuk pit stop di lap ke-25, dan keluar lap dalam posisi tertinggal 10 detik dari Leclerc dan terus memangkasnya sampai lima detik. 

Pada lap-33, Leclerc kembali masuk pit stop dan Verstapen berhasil memimpin lomba.