Haornas 2022 yang ke-39, Bersama Cetak Juara, Serta Pelaksanaan DBON

Ilustrasi Haornas 2022
Ilustrasi Haornas 2022 (Foto : situs resmi Kemenpora)

Antv – Tepat pada hari ini Jumat 9 September 2022 diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas). Masyarakat Indonesia memperingati Hari Olah Raga Nasional ke-39 dengan tema "Bersama Cetak Juara" yang diusung sejalan dengan semangat Desain Besar Olah Raga Nasional (DBON).

Tema tersebut tercantum dalam media publikasi Haornas 2022, seperti logo, spanduk, baliho, dan umbul-umbul. peringatan Haornas ke-39 tahun 2022 dipusatkan di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Puncak perayaan akan dipusatkan di Stadion Batakan, Balikpapan hari ini.

Peringatan Haornas ini menjadi momentum kebangkitan dunia olahraga Indonesia. Haornas diharapkan dapat meningkatkan partisipasi olahraga serta menambah semangat masyarakat Indonesia untuk berolahraga.

Dalam membangun olah raga Nasional tidak bisa dilakukan secara individu. Perlu kerjasama, kolaborasi dan sinergi dari semua pihak.

Dalam DBON memang disebutkan, terdapat 17 Kementerian/Lembaga, 34 Provinsi serta seluruh Kabupaten/Kota yakni 517, harus bersama-sama bergerak dalam mencetak atlet-atlet tangguh yang mampu mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam perayaan Haornas 2022 adalah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI), National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) dan Special Olympics Indonesia (SOINA).

"Termasuk para legenda atlet-atlet berprestasi, organisasi masyarakat dan organisasi olahraga pendidikan juga ikut berpartisipasi," kata Raden Isnanta, Senin 5 September 2022.