Resmi! Arab Saudi Akan Turut Serta dalam Pagelaran MotoGP

Penanda Tanganan MoU
Penanda Tanganan MoU (Foto : MotoGP)

Antv – Arab Saudi secara resmi akan menggelar MotoGP setelah mereka menandatangani Nota Kesepakatan (MoU) antara Dorna Sport dan Saudi Motorsport Company (SMC).

Kesepakatan tersebut mencakup seri balap MotoGP utama dunia akan turut digelar di Arab Saudi. Penandatanganan tersebut dilakukan langsung oleh Pangeran Khalid Bin Sultan Al Abdullah Al-Faisal, selaku Federasi Otomotif dan Sepeda Motor Saudi dan Saudi Motorsport Company (SMC) bersama Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna.

Dengan bergabungnya Arab Saudi, MotoGP kian berkembang di Timur Tengah. Sebelumnya, Qatar menjadi satu-satunya tuan rumah MotoGP di Timur Tengah.

Hal tersebut tak terlepas dari Visi Saudi 2030, Kerajaan Arab Saudi (KSA) fokus pada pengembangan sektor layanan umum seperti, pendidikan, infrastruktur, rekreasi dan pariwisata. Hal ini untuk mengurangi ketergantungan terhadap minyak bumi. Melihat, bahwa MotoGP ditonton lebih dari 800 juta orang, serta langsung ke lebih dari 200 negara di seluruh dunia.

Rencana untuk menggelar MotoGP ke Arab Saudi mengikuti pelaksanaan seri olahraga otomotif global lainnya di Arab Saudi. Sebelumnya, Negeri Kerajaan ini sukses menggelar Grand Prix Formula 1 Arab Saudi (sejak 2021), Formula E Diriyah ePrix (sejak 2018), Reli Dakar (sejak 2020) dan seri Extreme E (sejak 2021).

 

img_title
Fabio Quartararo. (Foto : Instagram @@fabioquartararo20)