youtube channel

Channels

Unik, Warga Gelar Upacara HUT RI Ke-74 di Dalam Sungai Deli Medan

Unik, Warga Gelar Upacara HUT RI Ke-74 di Dalam Sungai Deli Medan

Suasana Upacara Peringatan HUT ke-74 RI di Sungai Deli, Medan. (Foto: ANTV/Joko Irawan).

Unik, Warga bantaran Sungai Deli, Medan, Sumatera Utara, menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, di dalam sungai.

newsplus.antvkik.com- Puluhan orang berbaris rapi di dalam Sungai Deli, Medan, Sumatera Utara, untuk melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia.

antvklik.com - Di dalam sungai, berdiri juga seorang pria berhelm, didapuk sebagai Komandan Upacara unik ini. Sedangkan Inspektur Upacara (Irup) berdiri di atas panggung kecil yang tak terendam air.

Seusai Komandan Upacara melapor kepada Inspektur Upacara (Irup) tentang pelaksanaan upacara, datang seorang pria pembawa bendera Merah Putih, melayang di seutas tali flying fox yang membentang di atas sungai. Lajunya terhenti, ketika berada di depan Irup, untuk menyerahkan bendera Merah Putih.

Unik, Warga Gelar Upacara HUT Ke-74 RI di Dalam Sungai Deli Medan Komandan Upacara. (Foto: ANTV/Joko Irawan).

Setelah menerima bendera, Irup kemudian berjalan hingga menuju ke tepi panggung, menunduk dan menyerahkan Sang Saka Merah Putih kepada Paskibraka yang sudah berdiri di dalam sungai hingga akhirnya berkibar perkasa di tiang bendera. Formasi Paskibraka ini, merupakan mahasiswa dari sebuah perguruan tinggi di Medan.

Ivan, Komandan Upacara, berharap Pemerintah Kota Medan dapat mengembalikan fungsi Sungai Deli yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Ia meminta warga tidak membuang sampah ke sungai, untuk menjaga kelestarian sungai.

“Tolonglah pemerintah perhatikan kami, masyarakat sungai ini. Kami tidak membuat hancur (Sungai Deli), kami membersihkan sendiri,” pintanya.

Unik, Warga Gelar Upacara HUT Ke-74 RI di Dalam Sungai Deli Medan Pembawa Bendera Merah Putih, meluncur di tali flying fox. (Foto: ANTV/Joko Irawan).

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia yang diikuti oleh puluhan warga yang tinggal di bantaran dan komunitas peduli sungai, tak kalah hikmatnya bila dibandingkan dengan pelaksanaan upacara di lapangan.

Usai upacara, warga bersuka cita bermain air sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Berbagai perlombaan juga akan digelar di sungai ini seperti panjat pinang, peragaan busana danlomba pukul bantal.

Joko Irawan | Medan-Sumatera Utara


icon featured

Artikel Terkait

icon featured

Terpopuler

icon featured

Komentar