Tim Satgas Pangan Babel Sidak

tim satgas pangan
tim satgas pangan (Foto : )

Harga kebutuhan pokok di sejumlah daerah melonjak. Tim Satgas Pangan Babel, terdiri dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Bangka Belitung, Polres Belitung dan pemerintah daerah dibantu Bulog Subdrive Bangka, melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Induk Kabupaten Belitung Propinsi Bangka Belitung.  

Selain mengantisipasi kenaikan harga, tim juga mengucurkan ribuan ton beras premium dengan harga murah Rp. 9000/Kg, jauh dibawah harga eceran tertinggi. Saat ini, harga beras yang dijual berada dikisaran harga Rp. 11.500 – Rp. 15.000/Kg.

Kondisi iklim Pulau Belitung, yang dianggap kurang cocok untuk lahan pertanian, menyebabkan seluruh pasokan beras di negeri laskar pelangi ini bergantung dari luar pulau, hingga harganya melambung. Diharapkan, dengan kucuran beras premium dari Bulog Bangka saat ini, dapat membantu perekonomian masyarakat Bangka Belitung. Sementara jajajaran Polres Aceh Barat membentuk tim pengawas pasar.

Hal ini dilakukan guna memastikan tidak ada penimbunan beras, sehingga akan berdampak pada permainan harga. https://youtu.be/7GW4bevqJcU Tugas khusus tim ini adalah mengawasi harga beras agar stabil, setelah Bulog Aceh Barat melakukan operasi pasar dan menetapkan harga beras medium sebesar Rp. 8300/liternya.

Polisi juga menghimbau kepada warga untuk segera melapor, jika menemukan pedagang nakal menjual beras medium diatas harga yang telah ditentukan. Laporan Frendy Primadana dan Chaidir Azhar dari Belitung, Babel dan Kab. Aceh, Aceh Barat