Tampil Gemilang Guillermo Ochoa Bikin Penyerang Jerman “Frustasi”

Guillermo-Ochoa
Guillermo-Ochoa (Foto : )

Barisan penyerang Jerman dibuat “Frustasi” oleh penampilan gemilang kiper Meksiko Guillermo Ochoa pada pertandingan yang dimenangkan Meksiko 1-0. Ini menjadi sebuah kejutan di Piala Dunia 2018. Dimana sang juara bertahan Jerman dipaksa menyerah pada laga perdana grup F menghadapi Meksiko.

Aksi Ochoa ini sama persis saat Meksiko melawan Brasil di Piala Dunia 2014. Ochoa tampil luar biasa di Luzhniki Stadium ketika Meksiko memulai kiprahnya di Piala Dunia 2018 dengan mengalahkan Jerman sang juara bertahan. Ia membuat gawangnya tetap perawan sampai akhir pertandingan. Menurut Squawka, Ochoa berhasil membuat sembilan penyelamatan sepanjang 2x45 menit.

Jumlah itu membuatnya menjadi kiper dengan penyelamatan terbanyak pada satu laga Piala Dunia sepanjang sejarah. Sepanjang pertandingan Tim Panser Jerman sebenarnya mampu melepas 25 tembakan. Tapi keberhasilan Ochoa melakukan sembilan penyelamatan gemilang membuat lini depan Jerman mandul sampai akhir pertandingan. Salah satu penyelamatan paling gemilang terjadi pada akhir babak pertama. Toni Kroos dapat kesempatan melalui tendangan bebas yang melengkung.

Bola mengarah ke pojok kiri atas gawang Meksiko, dapat ditepis Ochoa dengan sempurna. Menarik untuk ditelusuri bahwa Ochoa pun punya aksi serupa di Piala Dunia 2014 lalu. Kiper Standard Liege berusia 32 tahun tersebut juga memandulkan lini depan Brasil yang (saat itu) di antaranya diperkuat oleh Neymar, Fred, dan Oscar. Dalam pertandingan di Fortaleza pada tanggal 17 Juni 2014, Ochoa membuat total enam penyelamatan gemilang untuk membantu Meksiko bermain imbang 0-0 melawan Brasil. Padahal saat itu, Brasil bertindak sebagai tuan rumah dan difavoritkan untuk menjadi juara.

Bahkan, ESPN menyebut Guillermo Ochoa menjadi sosok kiper kedua setelah Jan Tomaszewski, penjaga gawang asal Polandia yang mampu membuat cleansheet melawan Brasil dan Jerman di ajang Piala Dunia. Legenda kiper nomor satu Polandia itu sebelumnya berhasil melakukan aksi gemilang di pentas Piala Dunia pada tahun 1974 di Jerman Barat dan 1978 di Argentina. Tomaszewski sendiri bermain untuk timnas Polandia sejak tahun 1971 hingga 1981.