Selesai Sholat, Eh Gasak Kotak Amal

pencurian kotak amal
pencurian kotak amal (Foto : )

Entah mengapa pencurian kotak amal semakin sering terjadi akhir-akhir ini. Kali ini kasusnya terjadi di Depok, Jawa Barat. Selesai sholat dzuhur, eh seorang lelaki mencongkel kotak amal dan mencuri isinya. Aksinya terekam kamera cctv.  Kasusnya terjadi di Masjid Al-Mukhlisin, Bedahan, Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Seorang lelaki memasuki masjid, namun gerak-geriknya mencurigakan. Pandangannya menyapu ke sana kemari, seolah-olah mengagumi interior masjid, atau ada niat lain membaca situasi. Saat itu masjid memang sedang sepi. Tak lama berselang, dia mendatangi kotak amal. Bukan menaruh uang sumbangan, tetapi justru mengintip isinya. Sejurus kemudian, dia menunaikan sholat empat rakaat.

Tuntas hingga duduk tahiyat akhir. Sampai di sini tak ada yang mencurigakan. Dia keluar masjid karena urusannya menghadap sang Khalik telah selesai. Eit tunggu dulu, ternyata dia kembali lagi ke dalam masjid. Penampilannya agak berbeda karena kali ini dia sudah mengenakan jaket. Yang dilakukan kemudian, sungguh tak terpuji.

Dia mencongkel gembok kotak amal dan menggasak uang sumbangan jamaah. Siapa sangka kasus pencurian kotak amal di Masjid Al-Mukhlisin telah terjadi delapan kali. Saking seringnya kotak amal dicuri, sampai-sampai pengurus masjid mengganti kotak amal yang semula terbuat dari kayu dengan plat besi.

Selain itu, pengurus masjid memasang kamera cctv sejak satu setengah bulan lalu. “Sudah delapan kali terjadi. Rupanya ada penjahat spesialis pencuri kotak amal,” kata Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Al-Mukhlisin, Benny. Laporan Melly Kasna dari Depok, Jawa Barat