Sang Legenda, Yockie Suryo Prayogo Tutup Usia

yokie04
yokie04 (Foto : )

Seorang musisi legendaris, pencipta lagu sekaligus penata musik andal yang layak mendapatkan predikat sang arsitek musik Indonesia, Yockie Suryo Prayogo, telah meninggal dunia pada usia 63 tahun, Senin (5/2/2018) pukul 07.35 wib di RSPI Bintaro, yang akan dikebumikan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Yockie meninggalkan seorang istri dan empat anak. Kabar duka tersebut diperoleh melalui pesan berantai pihak keluarga almarhum. Sebelum tutup usia, Yockie berjuang untuk sembuh dari sirosis hati, pendarahan otak serta penyakit Diabetes yang telah menggerogoti kondisinya selama 15 tahun terakhir.

Hal inilah yang mendorong sejumlah musisi lintas generasi menggalang dana dengan menggelar konser amal di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu (24/1/2018) untuk meringankan biaya pengobatan Jockie. Semasa hidupnya, sosok Yockie telah memberikan warna di ranah musik tanah air.

Tahun 1972, Yockie membentuk grup band legendaris God Bless yang mencetak empat album hits seperti God Bless, Semut Hitam, Raksasa dan Apakabar. Sampai pada tahun 1977, Yockie merambah jalur pop melalui beberapa karya kolaborasi bersama sejumlah nama ternama seperti James F. Sundah, Eros Djarot, Chrisye, Berlian Hutahuruk, Fariz RM, Titi DJ, Ikang Fawzi, Nicky Astria dan masih banyak lagi.

Selain itu, Yockie turut menggarap proyek Kantata Takwa, Swami, serta Suket, hasil eksperimen Yockie bertemakan problematika sosial yang menggabungkan musik dan teater dalam bentuk Opera Rock yang didukung oleh Iwan Fals, Renny Djayoesman hingga Teater Koma. Selamat Jalan Sang Arsitek Musik Indonesia, Yockie Suryo Prayogo …