Dulu Tempat Kucing Liar Dibuang, Pulau Kucing Kini Jadi Tujuan Wisata

Pulau Kucing
Pulau Kucing (Foto : )
Indonesia memiliki keanekaragaman yang sangat beragam, baik itu budaya, kesenian, kuliner, sejarah hingga kekayaan alamnya. Setiap provinsi di Indonesia, bahkan mungkin setiap kota tentu memiliki destinasi wisata unggulan. Salah satunya adalah Kabupaten Kepulauan Sula, yang memiliki destinasi wisata yang mempesona, yaitu Pulau Kucing. Reporter ANTV Erlang Purbaya  bersama beberapa teman yang berasal dari Jakarta, mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke pulau tersebut.
Pulau Kucing terletak di Desa Fukweu, Kecamatan Sanana Utara, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara. Dari Kota Sanana ke Desa Fukweu, dapat ditempuh menggunakan jalur darat selama kurang lebih 1 Jam saja. Sementara untuk menyeberang ke Pulau Kucing, para pengunjung harus menyewa ojek perahu dari Dermaga Fukweu. Pada awalnya saya pikir tarif ojek perahu ini mahal, ternyata kita hanya membayar tarif Rp 10.000,- / orang saja untuk pulang pergi, murah kan. Perjalanan dari Dermaga Fukweu menuju Pulau Kucing juga terbilang singkat, hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja.
Setibanya di Pulau Kucing, kita harus membeli tiket seharga Rp 10.000,- / orang, sedangkan bagi anak sekolah akan dikenakan tiket seharga Rp 5.000,- / orang. Di pulau ini , kita dapat menikmati fasilitas yang sudah disediakan pengelola, diantaranya gazebo, ruang karaoke keluarga hingga sepeda air. Namun untuk wahana sepeda air, setiap pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp 15.000,-. Oiya, jangan khawatir kelaparan dan kehausan ya, karena disini juga terdapat warung- warung yang menyediakan makanan kecil dan juga minuman, fasilitas toilet umum juga sudah tersedia di pulau ini.