Perawat Cabul Ditangkap, Organisasi Profesi Siapkan Pemecatan

pelecehan seks pasien oleh perawat
pelecehan seks pasien oleh perawat (Foto : )
www.antvklik.com- JA, perawat cabul yang melecehkan pasiennya di RS National Surabaya, menghadapi sanksi etik dan pemecatan dari organisasi profesinya, Persatuan Perawat Nasional (PPNI) Jawa Timur. Tak hanya itu, perawat cabul yang satu ini juga tengah menghadapi masalah hukum yang serius setelah ditangkap polisi.Pihak PPNI masih menunggu keterangan dari manajemen RS National tempat perawat cabul tersebut bekerja. "Namun kami akan merekomendasikan ke Dinas Kesehatan agar mencabut ijin praktek perawat itu,"kata Misutarno, Sekretaris Pengurus Daerah PPNI.Pihak PPNI tengah berkoordinasi dengan polisi untuk meminta keterangan dari perawat cabul ini.

Diberhentikan 

Rumah Sakit National Hospital Surabaya, akhirnya resmi memberhentikan dengan tidak hormat,  perawat yang melakukan  pelecehan seksual perawat terhadap pasien.  Dalam sebuah video yang diunggah di media sosial dan viral hari ini, pasien tersebut tak dapat menahan kemarahannya. Sang pasien baru saja menjalani operasi, saat itulah pelecahan tersebut terjadi.https://www.youtube.com/watch?v=VDjSYndZoLM&index=1&list=PL2l4f5UxugVsvSsVh5sI59kNIHnSjZ1u8Pihak rumah sakit juga telah mengundang organisasi keperawatan guna mengambil langkah tegas, baik secara hukum, maupun dispilin ketanaga keperawatan. Rumah sakit juga akan menyerahkan sepenuhnya proses penyelidikan yang dilakukan oleh polisi dalam perkara tersebut.“Pemberhentian dilakukan secara tidak hormat, karena dianggap melanggar etika profesi keperawatan. sementara itu, pihak rumah sakit juga berkoordinasi dengan organisasi keperawatan, untuk mengambil langkah tegas terhadap oknum perawat tersebut, baik secara hukum, ataupun displin keperawatan,” kata Jenny Fersariana, Kepala Perawat RS National Hospital.

Baca: Polisi Datangi Rumah Sakit

Pihak rumah sakit juga meminta maaf kepada pasien, dan keluarganya, serta menyatakan penyesalan atas kejadian tak pantas yang dilakukan oleh oknum perawatnya tersebut.” Rumah sakit juga menegaskan bahwa rumah sakit national memiliki standard tinggi dalam pelayanan keperawatan terhadap pasien,”katanya.Sebelumnya, pihak rumah sakit juga telah berkoordinasi dengan kpeolisian, untuk mempermudah jalannya proses penyelidikan kasus tersebut, mengingat pihak keluarga juga telah melalukan pelaporan kasus pelecehan seksual perawat terhadap pasien  ini, kepada pihak Polrestabes Surabaya. Syamsul Huda dari Surabaya