Menyambut Hari Suci Waisak, Patung Budha Tidur Terbesar Dimandikan

patung budha tidur terbesar di mandikan
patung budha tidur terbesar di mandikan (Foto : )

www.antvklik.com Menyambut hari suci waisak, Patung Budha tidur di Maha Vihara Majapahit dimandikan. Patung budha tidur ini merupakan patung terbesar ke tiga di Asia Tenggara, setelah Bangkok dan Kamboja.

Dengan menggunakan sejumlah peralatan rumah tangga, pengurus Maha Vihara Majapahit, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto ini melakukan ritual memandikan patung budha tidur. Dengan kondisi ukuran yang cukup besar, sedikitnya dibutuhkan sekitar empat orang untuk memandikan.

Sejak dibangun tahun 2003 lalu, tradisi memandikan patung budha tidur, selalu dilakukan menjelang peringatan hari suci waisak. Proses memandikan patung budha tidur ini, dianggap sebagai ritual mensucikan hati manusia dari pengaruh buruk yang ada.

Menurut Upasaka Pandita Dhammapala, Saryono, prosesi rupang budha atau memandikan patung budha ini, rangkaian tradisi dalam menyambut hari suci waisak. 

Selain pembersihan, patung budha juga di cat, untuk menjaga warna emas pada patung, karena warna emas merupakan perwujudan sidarta gautama, pencetus ajaran budha. Patung budha tidur juga menceritakan wafatnya sidarta gautama dengan posisi bermeditasi.

Diperkirakan ribuan umat budha dari berbagai daerah, akan memperingati hari suci waisak di Maha Vihara Majapahit, yang jatuh pada selasa malam nanti.