Nonton Gerhana Bulan Total, Kawasan Kota Tua Dipadati Warga

Nonton Gerhana, Kawasan Kota Tua Dipadati Warga
Nonton Gerhana, Kawasan Kota Tua Dipadati Warga (Foto : )

Nonton gerhana bulan total, warga mulai memadati kawasan Taman Fatahillah, Kota Tua Jakarta, sejak sore tadi. Taman Fatahillah merupakan salah satu lokasi yang disediakan gratis oleh Pemerintah Provinsi Jakarta untuk menikmati keindahan gerhana bulan biru kemerahan (Super Blue Blood Moon).

Teropong-teropong canggih terpasang disini, begitu pula layar lebar untuk menyaksikan bersama gerhana bulan total pada Rabu (31/1) malam ini, yang puncaknya diperkirakan akan terjadi pada Pkl. 20.29 WIB nanti.

Menurut Unit Pengelola Kawasan Kota Tua, Norviadi Setio Husodo, sejumlah teropong canggih tersebut, disediakan oleh komunitas astronomi.Sejumlah teropong dipasang di kawasan Kota Tua Gerhana bulan kali memang sangat istimewa.

Betapa tidak,  gerhana yang disebut Super Blue Blood Moon yang terjadi setiap 150 tahun sekali ini, mempunyai tiga fenomena alam sekaligus, yang bisa masyarakat tonton. Fenomena pertama adalah ketika gerhana bulan terjadi saat fase Super Moon, di mana posisi bulan berada di titik paling dekat dengan bumi.  Fenomena selanjutnya, bulan berubah menjadi biru dan merah darah,  serta yang terakhir, gerhana bulan total itu sendiri. (Laporan Kukun/Wisnu)