Menteri Sosial: Seluruh Korban KM Sinar Bangun Dapat Santunan

Menteri Sosial Idrus Marham memastikan seluruh korban Kapal Motor Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba akan mendapatkan santunan dari Pemerintah Pusat.
Menteri Sosial Idrus Marham memastikan seluruh korban Kapal Motor Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba akan mendapatkan santunan dari Pemerintah Pusat. (Foto : )
www.antvklik.com
- Menteri Sosial Idrus Marham memastikan seluruh korban Kapal Motor Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba akan mendapatkan santunan dari Pemerintah Pusat.Demikian hal tersebut dikatakannya saat acara Halal Bi Halal di Gedung Kementerian Sosial Jakarta, Senin (25/6/2018).Menurutnya, ia telah mengunjungi Posko Kecelakaan Kapal Motor Sinar Bangun di Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, kemarin, Minggu (24/6).Meski tanpa adanya manifest, semua korban meninggal maupun selamat akan mendapatkan santunan dari pemerintah masing-masing sebesar Rp. 15 juta dan Rp.2,5 juta per penumpang.Idrus sangat menyesalkan sampai terjadinya kelalaian dari pihak pengelola kapal yang  mengangkut penumpang dengan muatan berlebihan, disamping minimnya pengawasan."Ini yang tidak benar adalah pengusaha kapal, tindak tegas. Korban itu terjadi karena mereka tidak disiplin, mereka tidak mengikuti aturan, kapasitas 60 orang tapi memuat 204 orang,” katanya.Ia menjelaskan dirinya mendapat instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk melakukan penanganan dalam bentuk bantuan dari Pemerintah Pusat untuk semua korban kecelakaan Kapal Motor Sinar Bangun di Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara."Pak Jokowi menginstruksikan bahwa para korban harus diberikan bantuan kepada keluarganya, jadi nggak perlu manifest itu. Jangan lagi diskusi tentang manifest. Tapi seluruh korban, kita harus berikan bantuan ke keluarganya. Termasuk yang selamat ada 18 orang," pungkasnya.