Mengintip Pusdik Penerbad, Sekolahnya Penerbang TNI-AD

penerbad 1
penerbad 1 (Foto : )
Pusat Pendidikan Penerbang Angkatan Darat  atau disingkat Pusdik Penerbad adalah Badan Pelaksanan Puspenerbad yang berkedudukan langsung di bawah Danpuspenerbad. Pusdik Penerbad memiliki fungsi utama dalam membina SDM penerbang TNI AD.Pusdik Penerbad berdiri sejak 4 Desember 1965. Sebagai kawah candradimuka penerbang AD, Sesuai dengan sempana Pusdik Penerbad “Adhika Uttama” yang berarti "Terbaik Dari Yang Terbaik", Pusdik Penerbad telah mencetak banyak penerbang yang handal dan mengikuti berbagai operasi baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).
"Tugas utama kita adalah mempersiapkan penerbang AD yang profesional," kata Danpusdik Penerbad Kolonel CPN Catur Puji Santoso saat menerima wartawan di Pusdik Penerbad, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (20/7/2018).Kolonel Catur Dalam kesempatan menerima kunjungan wartawan tersebut juga menjelaskan soal kegiatan dan lingkungan Pusdik Penerbad. Ia pun mengajak para wartawan berkeliling Pusdik Penerbad untuk melihat langsung kegiatan pendidikan dan latihan dari calon penerbang AD.Catur menjelaskan, lingkungan Pusdik Penerbad yang berada di dalam Penerbad telah dilengkapi berbagai fasilitas yang menunjang kebutuhan latihan. Di antaranya simulator, pesawat latih, ruang kelas dan sebagainya. Namun sayang, menurut pengakuan Catur, keberadaam Pusdik Penerbad sendiri belum banyak diketahui masyarakat umum."Masyarakat di Semarang sendiri masih awam dengan Penerbad, itu milik TNI AU atau TNI AD," ujarnya.Setiap tahunnya, jumlah siswa yang dididik di Pusdik Penerbad mencapai 30 orang dari Taruna dan Bintara. Mereka mengikuti pendidikan setelah lulus seleksi secara ketat di masing-masing pendidikan awalnya.Jika Anda tertarik menjadi penerbang TNI AD, berikut syarat khususnya :
  1. Penerbangan Militer biasanya hanya menerima lulusan SMU IPA.
  2. Panjang kaki dari pangkal paha minimal 100 cm.
  3. Harus lulus tes kesehatan meliputi jantung,mata dll.
  4. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris rata-rata.
  5. Cepat dalam berkalkulasi matematik dan fisika.
  6. Biasanya bila sudah lulus semua persyaratan diatas,calon siswa akan diajak terbang oleh instruktur untuk mengetahui takut tidaknya siswa akan ketinggian, juga saraf motorik siswa, tanggap tidaknya siswa akan persoalan yang biasa diberikan instruktur kepada calon penerbang, dan bakat terbang (aptitude test).
Adapun Penerbangan TNI AD diawaki oleh 3 kelompok kualifikasi yakni, Penerbang, Pemeliharaan Pesawat Terbang (Harsabang), dan Pelayan Penerbangan (Yanbangan). Catur selaku Danpusdik Penerbad juga berbagi tips dan pesan untuk menjadi penerbang AD yang handal.“Di dunia penerbangan tidak ada mustahil, karena ini harganya mahal kita harus laksanakan tugas dengan tekun dan sebaik mungkin karena kita TNI jadi harus tekun sesuai dengan bidangnya. Kalau tips, sebenarnya kita kembalikan kepada Tuhan YME. Kalau kita sudah yakin jadi penerbang, kita harus tekun, belajar dan mengerti batasan-batasam, yakin kita pasti selamat,” pungkasnya.Pada saat ini, lokasi penyelengaraan pendidikan dibagi di 3 lokasi berbeda yang berdekatan satu-sama lain. Latihan terbang dilaksanakan di Satlatbangdik, Lanumad A Yani, Satdik Pa berada di Mako Pusdik lama Jl. Siliwangi 506 Semarang , dan Pendidikan Bintara/Tamtama (Satdik Ba)/(Satdik Ta) berada di Mako Pusdik baru, Jl Bandara A Yani Semarang.Laporan Restu Wulandari dan Wishnu Hutomo dari Semarang.