Manchester United Siap Dibeli Rp 60 Triliun. Ini Calon Pembelinya

Mohammed-bin-Salman
Mohammed-bin-Salman (Foto : )

Harga saham Manchester United mendadak melonjak di New York, Amerika Serikat. Hal ini karena ulah Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman yang siap mengakuisisi Old Trafford.

Seperti yang diberitakan The Sun, Mohammed bin Salman akan bertemu dengan pemilik Manchester United dan Co-Chairman Avram Glazer di Ingggris. Glazer sendiri merupakan salah satu taipan di Negeri Paman Sam (Amerika Serikat). Kabarnya, putra dari miliarder Raja Arab Saudi itu akan mengakuisisi Manhcester United.

Kabar itu sontak membuat saham The Red Devils naik sebanyak 5 persen. Keluarga Pangeran yang kekayaannya sekitar 850 miliar poundsterling atau sekitar Rp 17.072 triliun itu, ingin menghadapi saingan Timur Tengah lainnya seperti owner Manchester City yang berbasis di Abu Dhabi.

Dia tertarik menanam saham besar di raksasa Old Trafford senilai 3 miliar poundsterling atau sekitar Rp 60 triliun, atau bahkan bisa mengambil alih penuh. Sedangkan nilai jual Manchester United sendiri sejatinya hanya 2,5 miliar poundsterling sejak Agustus lalu atau dibawah nilai saham yang ditanamkan oleh Mohammed bin Salman.

Namun Glazers yang membeli Manchester United pada 2005 belum memberi komentar apapun tentang hal ini. Dia masih memiliki 97 persen saham United. Tapi, saham klub Primer League itu naik lebih dari 5 persen pada satu tahap sebelumnya hari ini di Wall Street.

Kabar lain menyebutkan bahwa kemungkinan penjualan saham Man United ini terbuka lebar. Pasalnya Chairman Setan Merah, Avram Glazer, yang selama ini kerap bolak-balik Inggris-Timur Tengah.

Daily Mail juga melaporkan bahwa kepergian Glazer ke Arab Saudi berkaitan dengan ketertarikan Pangeran Salman itu. Isu tersebut kian berhembus kencang ketika Glazer dijadwalkan akan bertemu sang pangeran dalam acara konferensi Future Investment Initiative di Riyad pekan depan.