Babak Pertama, Liverpool Kecolongan Satu Gol di Kandang Swansea

swansea vs livepool-
swansea vs livepool- (Foto : )

Antvklik - Laga Liverpool yang bertandang ke Liberty Stadium, markas Swansea City, pada laga pekan ke-24 Premier League, membuat jantung para pendukungnya berdetak kencang. Pasalnya, tuan rumah  Swansea City menutup babak pertama laga dalam posisi unggul 1-0. Gol semata wayang tuan rumah dicetak oleh Alfie Mawson di menit 41.

 Liverpool yang dituntut untuk melanjutkan tren positif setelah meraih lima kemenangan secara beruntun menurunkan komposisi pemain andalannya. Meski mendominasi permainan, trisula maut penyerang mereka: Firmino, Salah, dan Mane, belum bisa membobol pertahanan tuan rumah. Sejumlah peluang yang tercipta gagal merobek gawang tuan rumah Swansea.

Di menit-menit akhir babak pertama, tuan rumah mampu keluar dari tekanan. Alfie Mawson sukses membuka kran gol Swansea di menit 41. Hingga pertandingan babak pertama berakhir keunggulan tersebut masih belum berubah. Pada babak kedua, Liverpool yang membawa bekal positif ke markas Swansea City setelah pada pekan lalu menjadi klub pertama yang mengalahkan Manchester City pada Premier League musim 2017-18 harus berkerja lebih keras agar meraih tiga poin untuk menjaga persaingan di posisi empat besar setelah klub rival meraih kemenangan.

Saat ini, Liverpool bercokol di peringkat 4 dengan 47 poin dari 23 pertandingan. Sedangkan Swansea saat ini menempati dasar klasemen dengan 17 poin dari 23 pertandingan. The Swans yang ingin keluar dari dasar klasemen tentu tak akan mudah menyerah begitu saja. Apalagi bermain di kandang sendiri. Babak kedua ini tentu akan menjadi laga sengit kedua tim menuntaskan ambisi. Fakta-fakta  menarik Swansea vs Liverpool:

  1. Swansea kebobolan 27 gol dalam 13 pertemuan dengan Liverpool di Premier League (menang 3, imbang 3, kalah 7). Namun, di Liberty Stadium, The Swans hanya kebobolan enam gol saat bersua Liverpool, dalam periode tersebut.
  2.   Sejak pertemuan terakhir Swansea vs Liverpool di Liberty Stadium, Oktober 2016, The Swans sudah lima kali berganti manajer, hanya dalam 54 pertandingan di Premier League. Sedangkan Liverpool baru punya lima manajer setelah melewati 517 laga Premier League.
  3. Liverpool sukses menggasak Swansea 5-0 dalam pertemuan pertama musim ini di Anfield. Mereka belum pernah menang dua kali melawan lawan sama dalam satu musim dengan skor besar, sejak 2001-02, melawan Ipswich Town (menang 6-0 tandang, 5-0 kandang).
  4. Striker Liverpool, Roberto Firmino, sukses mencetak lima gol dalam tiga pertemuan terakhir dengan Swansea. Itu termasuk dua gol yang dicetaknya dalam pertemuan terakhir kontra The Swans.

(dari berbagai sumber)