Korban Gempa Lombok, Sebanyak 91 Tewas dan 209 Luka-luka

gempa lombok
gempa lombok (Foto : )

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Senin pagi (6/8) mengatakan,  korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) tercatat sudah 91 orang tewas. Sebanyak 209 orang lainnya mengalami luka-luka dan ribuan orang sudah mengungsi. Ribuan rumah mengalami kerusakan dalam bencana gempa Lombok ini.

Diperkirakan, baik jumlah korban maupun kerusakan akan terus bertambah karena belum semua lokasi terjangkau. Dampak gempa tak hanya terdapat di Lombok saja, tapi juga terdapat di Bali. Namun lokasi terparah gempa terdapat di Lombok Utara. Sejak gempa mengguncang Lombok kemarin, masih terus terjadi gempa susulan hingga pagi tadi dengan kekuatan lebih kecil. Karena itu masyarakat diminta tetap waspada.

Evakuasi Seribu Turis

Sebelumnya, Sutopo lewat akun twitter merilis proses evakuasi 1.000 wisatawan baik dari dalam dan luar negeri. Evakuasi dilakukan dari Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Evakuasi turis dari 3 Gili (courtesy Sutopo BNPB)[/caption] Aparat melakukan evakuasi dengan menggunakan 3 perahu karet dan kemudian dilanjutkan dengan kapal Basarnas. Hingga Senin pagi, sudah 200 turis yang dievakuasi. Sejauh ini tidak ada turis yang menjadi korban dalam gempa ini. Pada Minggu malam (5/8), Lombok diguncang gempa berkekuatan 7.0 Skala Richter. Sumber gempa sama dengan gempa yang terjadi pada 29 Juli lalu. Liputan : Sandy March  

Baca juga:  Cerita Selebriti yang Panik Akibat Gempa