Kasus Haji Ilegal, Pemerintah Sinyalir Libatkan Oknum Terorganisasi

Kasus Haji Ilegal, Pemerintah Sinyalir Libatkan Oknum Terorganisasi
Kasus Haji Ilegal, Pemerintah Sinyalir Libatkan Oknum Terorganisasi (Foto : )

www.antvklik.com -  Pemerintah mensinyalir kasus sejumlah warga negara Indonesia yang mencoba haji ilegal yaitu berhaji lewat jalur nonprosedural dan kemudian ditangkap pihak Arab Saudi, melibatkan para oknum yang terorganisasi rapi, termasuk pemukim Indonesia di Arab Saudi dan pelaku lintas negara.

Pemerintah juga meyakini kasus seperti ini bukanlah kasus yang terakhir pada musim haji tahun ini. Pemerintah pun menyadari bahwa kecenderungan kasus tersebut berulang setiap tahun dengan pelaku yang memanfaatkan celah keamanan baik di dalam negeri maupun di Arab Saudi.

Konsul Jenderal RI di Jedah, Arab Saudi, Mohamad Hery Saripudin mengatakan selain pengetatan pengawasan pembuatan paspor dan visa, agar kasus serupa tidak terjadi, “Perlu juga untuk penguatan hukum, kerja sama lintas sektor, dan pendekatan dari agama.”

[caption id="attachment_126704" align="aligncenter" width="900"] Kasus Haji Ilegal, Pemerintah Sinyalir Libatkan Oknum TerorganisasiKonjen RI di Jedah, Arab Saudi, M Hery Saripudin [/caption]