Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Tasikmalaya Perketat Kesehatan Hewan Qurban

Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Tasikmalaya Perketat Kesehatan Hewan Qurban
Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Tasikmalaya Perketat Kesehatan Hewan Qurban (Foto : )

Menjelang Hari Raya Idul Adha, petugas Dinas Peternakan Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, memperketat pemeriksaan kesehatan hewan Qurban di sejumlah pedagang. Salah satu lokasi yang menjadi target pemeriksaan petugas yakni di Jalan Parkanhonje Indihiang, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Disini, seluruh hewan Qurban milik sejumlah pedagang diperiksa kondisi fisik dan kesehatannya meliputi bagian mulut, gigi, mata, kulit dan mengambil sampel darah hewan untuk diperiksa di laboratorium, sebelum petugas mengeluarkan Surat Kesehatan Hewan.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Deddy Supriadi mengatakan bagi masyarakat yang membeli hewan Qurban diwajibkan untuk mendapatkan Surat Keterangan Ternak dari pedagang, guna meminimalisir aksi pencurian yang belakangan marak terjadi menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Hal paling mudah mendeteksi Hewan Qurban sehat bisa terlihat dari ciri-ciri fisik diantaranya seperti bulu hewan cukup mengkilap dan suhu tubuh hewan normal.

Pengecek sapi yang ada di tempat tersebut dinyatakan 100% sangat bagus dan layak di kurbankan dan mudah-mudahan Idul Qurban tahun ini tidak ada hal-hal yang kita tidak inginkan,” ujar Deddy.   Laporan Ipung Munawar dari Tasikmalaya