Ini Lho Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

jengkol
jengkol (Foto : )

Jengkol, siapa yang tak tahu makanan ini? Jengkol adalah makanan yang banyak disuka namun juga skaligus dibenci. Sebagian besar orang tidak menyukainya karena baunya yang tidak sedap ketika di makan, maka dari banyak orang yang tidak menyukai buah ini. Namun jika dilihat jengkol ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Dibalik bau yang tidak sedap, buah ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk tubuh. Jengkol ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Dibalik bau yang tidak sedap dari jengkol, buah ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk tubuh. Sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Nyatanya buah ini kaya akan kandungan protein yang cukup tinggi kisaran pada 23,3 gram per 100 gram. Kandungan protein nabatinya lebih tinggi dari kacang kedelai dan kacang hijau. Protein dalam tubuh amat berperan sebagai pengganti atau untuk melakukan perbaikan sel-sel yang rusak dalam tubuh. Selain itu, kandugan kalsium dalam jengkol kisaran 140 mg per 100 gram.

Seperti yang kita pahami kalsium yaitu unsur perlu yang dapat menghindari osteoporosis atau pengeroposan tulang. Tidak hanya itu kalsium juga bertindak perlu dalam metabolisme tubuh, penghubung antar jaringan syaraf, gerakan otot serta kerja jantung. Maka dari itu tubuh kita memerlukan pemasukan kalsium dari buah ini.

Manfaat jengkol yang amat perlu untuk kita ketahui salah satunya adalah untuk menghindari penyakit anemia yaitu dengan memberi kandungan zat besi pada tubuh. Zat besi berikut yang selanjutnya akan membantu tubuh dalam menghasilkan sel darah merah supaya penyakit anemia tidak menyerang tubuh Anda.

Nah, untuk Anda yang wanita, ketika tengah menstruasi mengonsumsi jengkol amat disarankan kalau tubuh Anda tidak lantaran prevalensi defisiensi zat besi darah menstruasi keluar dari tubuh. Dan siapa kira bila khasiat buah yang satu ini bisa membuat jantung anda kembali sehat.

Ya, buah ini dapat menjadi obat untuk mereka yang menanggung derita penyakit jantung koroner bila mengonsumsi buah ini dengan teratur tiap harinya. Sementara itu, manfaat yang lain dari buah jengkol yaitu menghindari penyakit diabetes. Buah ini mempunyai beberapa kandungan gizi yang tidak bakal menambah kandungan gula dalam darah Anda, hingga penyakit diabetes tidak bakal menyerang tubuh Anda.  Di dalam jengkol buah yaitu zat yang tidak diketemukan pada bahan makanan yang lain. Beberapa zat ini disebut dengan asam Jengkolat.